Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Poliban Inovasi Aplikasi Perpustakaan Digital

Kompas.com - 06/03/2023, 13:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Guna mempermudah akses membaca bagi dosen dan mahasiswa, Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) meluncurkan Perpustakaan Digital Berbasis Aplikasi.

Harapannya, dosen dan mahasiswa bisa melakukan aktivitas membaca dari mana saja dan kapan saja. Adapun aplikasi ini hasil inovasi mahasiswa dan pengelolaannya dilakukan oleh UPT Perpustakaan Poliban.

Karena berbasis digital, maka aplikasi tersebut juga dapat diakses melalui google playstore yang ada di smartphone atau melalui internet google chrome di komputer atau laptop.

Menurut Pustakawan UPT Perpustakaan Poliban, Asrani, aplikasi Poliban Digital Library sebenarnya sudah ada sejak November 2022 lalu.

Baca juga: Mahasiswa UMM Inovasi Knalpot Ramah Lingkungan

Kenapa ada aplikasi ini? Ia menjelaskan agar dapat menghemat ruangan dan memudahkan mahasiswa atau dosen untuk mencari buku.

"Jadi di mana saja mereka bisa mencari bahan pustaka lewat perpustakaan digital," ujarnya dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), Senin (6/3/2023).

Tak hanya bisa jadi sarana untuk membaca saja, tetapi aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur lain.

Seperti untuk melakukan peminjaman buku secara online, sehingga para dosen dan mahasiswa bisa meminjam buku kapan saja.

Jika mahasiswa ingin meminjam buku melalui aplikasi ini, caranya ialah mahasiswa harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi tersebut melalui play store dan mengisi data untuk mendaftar menjadi anggota perpustakaan.

Baca juga: Produk dari Limbah Kotoran Sapi Ini Hasil Inovasi Tim Riset ITB

"Setelah menjadi anggota, barulah mereka bisa meminjam buku. Untuk fitur lainnya ada berupa video, audio hingga lini masa si pengguna serta buku yang dipinjam," jelas Asrani.

Dijelaskan, kini ada sebanyak 500 judul buku, 2.000 eksemplar yang tersedia di Poliban Digital Library.

Jumlah tersebut akan terus bertambah sebab saat ini masih dalam tahap pengembangan dan akan ada penambahan buku pada awal bulan Maret ini.

Di awal Maret ini nanti ada penambahan koleksi buku serta koleksi Tugas Akhir mahasiswa juga.

Sejauh ini kalau untuk pengguna mahasiswa sudah ada sebagian. Selain itu pihaknya juga masih dalam tahap sosialisasi.

"Kami juga sudah membuat surat ke tiap jurusan untuk memberitahukan ke para mahasiswanya terkait ada aplikasi ini," jelas dia.

Diharapkan, mahasiswa dapat memanfaatkan semaksimal mungkin fasilitas perpustakaan digital tersebut.

Baca juga: Mahasiswa PPNS Inovasi Kapal Pencalang yang Dilengkapi Teknologi Modern

"Jangan lupa untuk mengunjungi website kami di perpustakaan.poliban.ac.id jika mahasiswa ingin mengetahui judul koleksi yang tersedia di UPT Perpustakaan Poliban," harap Asrani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com