Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Kongres Nasional, Asosiasi Masjid Kampus Indonesia Lakukan Kunjungan ke MUI

Kompas.com - 03/03/2023, 13:29 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Perwakilan Asosiasi Masjid Kampus Indonesia (AMKI) melakukan kunjungan ke Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat di Jakarta dan diterima langsung Sekretaris Jenderal MUI, Amirsyah Tambunan, pada 2 Maret 2023.

AMKI yang dideklarasikan pada 30 Mei 2004 merupakan perhimpunan masjid kampus seluruh Indonesia, beranggotakan masjid kampus perguruan tinggi umum, perguruan tinggi agama, maupun perguruan tinggi kedinasan, baik negeri maupun swasta.

Kunjungan silahturahmi tim perwakilan AMKI dipimpin Prof. Muchlas Suseno, Ketua Umum AMKI Wilayah DKI Jakarta yang mendapat amanah sebagai Ketua Panitia Kongres Nasional AMKI ke-3.

Kegiatan ini merupakan bagian kegiatan menuju Kongres Nasional AMKI ke–3 yang akan diselenggarakan di Universitas Yarsi Jakarta pada 9–11 Maret 2023 mendatang.

Kongres Nasional AMKI tahun ini mengangkat tema “Revitalisasi Masjid Kampus untuk Merekat Kesatuan Bangsa dan Membangun Generasi Unggul Menuju Indonesia Emas 2045”. 

Panitia pelaksana juga telah menyelenggarakan rangkaian pra-kongres, yaitu Grand Launching dan Bedah Buku Jusuf Kalla “Seni Berbisnis Jusuf Kalla: Memadukan Spiritualitas, Profesionalitas dan Kearifan Lokal” yang telah diselanggarakan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada 17 Desember 2022.

Acara dihadiri langsung oleh Jusuf Kalla selaku Wakil Presiden Republik Indonesia periode tahun 2004–2009 dan 2014–2019. Dalam jajaran AMKI, Jusuf Kalla juga menjabat sebagai Dewan Kehormatan.

Hadir sebagai pembicara Buku JK yakni Prof. K.H. Nasaruddin Umar selaku Imam Besar Masjid Istiqlal, dan Prof. Didik Junaidi Rachbini selaku Rektor Universitas Paramadina, serta Salman Subakat selaku CEO PT ParagonTechnology and Innovation.

Acara ini dimoderatori oleh Prof. Hafid Abbas selaku Ketua Senat UNJ.

Kegiatan lain, dalam rangkaian Kongres III AMKI yaitu Bedah Buku bertajuk “Integrasi Ilmu dan Islam” karya Prof. A.M. Saefuddin dan Yuddy Ardhi diselenggarakan di Universitas Al-Azhar Indonesia pada 17 Januari 2023.

Baca juga: Ketika Kampus Menggunakan ChatGPT

 

Selain itu, juga telah diselenggarakan seminar nasional dengan tema “Peran Masjid Kampus Dalam Melahirkan Generasi Emas Indonesia 2045” diselenggarakan secara hibrid di Universitas Al Azhar Indonesia (23/2/2023) dan dibuka secara resmi oleh Paristiyanti Nurwardani Kepala LLDikti Wilayah III.

Masjid kampus jadi pusat pendidikan karakter

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com