Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ketiga POP, Eduversal Foundation Tetap Berkomitmen Perkuat Kompetensi Guru dan Kepala Sekolah

Kompas.com - 23/02/2023, 15:07 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Eduversal Foundation Indonesia bersama Yayasan Fatih Indonesia kembali menggelar sosialisasi sekaligus pembukaan program "Development of Teaching Proficiency (DTP)" jenjang Sekolah Dasar di Kota Medan pada 8-10 Februari 2023.

DTP adalah program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi guru dan kepala sekolah dan menjadi bagian dari implementasi Program Organisasi Penggerak (POP) yang dicanangkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Memasuki tahun ketiga, RS Dwi Prajitno Wibowo, perwakilan Eduversal Foundation menjelaskan, POP telah memberikan dampak positif bagi pendidikan di Indonesia.

"Kepala sekolah mendukung kegiatan ini dengan baik. Salah satu kompetensi abad 21. kolaborasi yang terjadi antara guru dan kepala sekolah merupakan langkah yang baik dalam membantu meningkatkan kemampuan siswa membaca," ungkap Dwi.

Ia melanjutkan, "guru dan kepala sekolah belajar dan mempraktekkan melakukan asesmen awal untuk membaca, menyesuaikan kemampuan baca anak dengan buku bacaan nonfiksi, menyediakan buku bacaan yang menarik untuk siswa."

Lebih jauh Dwi menyampaikan, kegiatan POP Eduversal bagi 10 SD sasaran di Kota Medan dan Aceh meliputi bidang literasi, numerasi, dan karakter.

Khusus mengenai literasi dengan modul SEM-R (Schoolwide Enrichment Model for Reading), para peserta guru mempraktekkan kegiatan fase 1 dengan membaca nyaring di kelasnya.

Selain modul SEM-R, SEL, juga disampaikan materi lain seperti blended learning, project based learning, dan kepimpinan abad era 4.0 guna memberikan dukungan dan dorongan agar meningkatkan kondisi sekolah.

"POP dengan intensive melakukan pendampingan dan diskusi terbuka ttg solusi atas tantangan dan kondisi di sekolah masing-masing," jelas Dwi Prajitno.

Apresiasi positif dinas pendidikan dan peserta DTP

Acara DTP di Medan mendapatkan apresiasi positif dari Mujiono (Kepala Bidang Pembinaan dan Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Medan).

Mujiono turut mengapresiasi Program Organisasi Penggerak yang diselenggarakan Eduversal yang dinilainya memberikan dampak baik di dunia pendidikan khususnya di Kota Medan.

Baca juga: Kemendikbud: 50.000 Guru Terlibat Program Organisasi Penggerak 2021

Materi yang dibawakan dalam kegiatan DTP tahun ini antara lain: Testing and Assessment, Blended Learning untuk kepala sekolah dan materi tentang Testing and Assessment, Blended Learning, Project Based Learning untuk guru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com