Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unesa Siap Terima 22.915 Mahasiswa Baru pada 2023, Ini Porsinya

Kompas.com - 21/02/2023, 17:42 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menambah daya tampung penerimaan mahasiswa baru pada tahun ini.

Baik itu untuk jalur seleksi nasional berdasarkan prestasi (SNBP), jalur seleksi nasional berdasarkan tes (SNBT), dan jalur SPMB (mandiri).

Baca juga: 11 Jurusan Undip Punya Daya Tampung Besar di SNBP 2023

Kenaikan kuota tersebut tidak lepas dari status PTN-BH yang disandang kampus 'Satu Langkah di Depan'.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Kemahasiswaan, dan Alumni Unesa, Prof. Madlazim menjelaskan, daya tampung Unesa tahun ini untuk semua jalur penerimaan mencapai 22.915 mahasiswa.

"Rinciannya yaitu 4.761 atau 21 persen untuk jalur SNBP, kemudian 8.088 orang atau 35 persen untuk jalur SNBT, dan jalur mandiri yaitu 10.066 orang atau 44 persen," ucap dia mengutip laman Unesa, Selasa (21/2/2023).

Ketentuan daya tampung ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Rektor UNESA, Nomor 455/UN38/HK/KM/2023 yang ditandatangani Rektor Unesa Prof. Nurhasan pada 3 Februari 2023.

Guru besar yang homebase di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) itu menambahkan, kuota penerimaan tahun ini naik signifikan dibanding tahun lalu.

"Kalau tahun kemarin, total penerimaan mahasiswa baru Unesa mencapai 11 ribu mahasiswa," ucapnya.

Baca juga: 10 Jurusan Unand Punya Daya Tampung Besar di SNBP 2023

Dengan adanya kenaikan kuota tersebut tentu memberikan peluang bagi putra-putri terbaik daerah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Kepala Sub-Direktorat Penerimaan dan Kelulusan, Direktorat Akademik Unesa, Dr. Sukarmin menegaskan, kendati daya tampung Unesa naik signifikan. Namun, masuk Unesa tetap bersaing.

Terlebih, jika mengacu pada tahun sebelumnya, jumlah pendaftar di Unesa, termasuk salah satu yang tertinggi nasional.

Dengan demikian, pendaftar harus mempersiapkan diri dengan baik dan strategi yang tepat.

Baca juga: 7 Tips Jaga Kesehatan Saat Cuaca Ekstrem dari Dosen Unesa

"Persiapkan nilai mata pelajaran dan sertifikat terbaik untuk mendaftar di jalur SNBP. Kalau misalnya bisa masuk, bisa mencoba lagi di jalur-jalur berkutnya, SNBT maupun mandiri. Kuotanya naik di semua jalur. Ini peluang putra-putri terbaik daerah untuk kuliah di Unesa," tukas dia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com