Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Film Pendek Indonesia Ikut Ajang "Clermont Ferrand International Festival"

Kompas.com - 05/02/2023, 17:42 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Tujuh karya sinema pendek Indonesia ikut serta pada ajang Clermont Ferrand International Short Film Festival 2023, di Paris, Perancis. Tiga film pendek di antaranya merupakan jebolan kompetisi produksi yang digelar Kemendikbud Ristek.

Tiga film pendek tersebut berjudul "Ride to Nowhere" (2021), "Toya dan Roh Seninya" (2022), serta "Teh Tawar untuk Akong" (2022). Sedangkan judul film pendek lainnya yakni "Dancing Colors", "Bawang Merah Bawang Putih", "Jamal", dan "Nusa Antara".

Direktur Jenderal Kebudayaan kemendikbud Ristek, Hilmar Farid mengatakan, kemampuan film-film nasional yang unjuk gigi di pentas internasional dapat memacu pihaknya untuk terus memperkuat ekosistem perfilman Indonesia.

“Kita lihat saat ini, selalu muncul produksi film-film berbobot dan mengedukasi dari para sineas di tanah air. Di sini, pemerintah (Kemdikbudristek) akan berupaya memfasilitasi sineas itu agar dapat menuangkan pemikiran kreatifnya,” ujar Hilmar melalui rilis resmi (5/2/2023).

Hilmar melanjutkan, turut andilnya karya sinema Indonesia dalam festival internasional membuktikan kualitas film Indonesia setara hebatnya dengan negara lain yang telah berpengalaman memproduksi filmnya.

Hilmar menuturkan, partisipasi film pendek pada kancah dunia berpengaruh besar dalam menunjukkan karakter Indonesia sebagai bangsa kaya budaya dan etika masyarakatnya kepada negara-negara di dunia melalui karya seni.

Berprestasi di tengah pandemi

“Saya apresiasi semangat sineas Indonesia untuk kontribusi karya berkualitasnya meski kita semua beberapa tahun terakhir diuji situasi pandemi Covid-19. Ternyata kegigihan memberi karya hebat yang mampu mengharumkan nama Indonesia di tingkat Internasional selalu berkobar,” ungkap Hilmar.

Baca juga: Ini Prospek Kerja dan Gaji Ahli Mikologi yang Diperankan Christine Hakim di Film The Last of Us

Selama dua tahun terakhir dalam keadaan pandemi, Hilmar mengemukakan, justru film Indonesia kerap menuai pujian dan pengakuan amat besar dari dalam maupun luar negeri dengan berbagai penghargaan yang diraih para sineas nasional.

Sebagai informasi, tujuh film pendek Indonesia yang lolos seleksi Clermont Ferrand International Short Film Festival 2023 dapat disaksikan di event Indonesian Entourage: The Spice Route Shorts melalui situs www.shortfilmwire.com/en/2023/events.

Keberhasilan pada festival internasional di Perancis kali ini, mengulang hal yang sama ketika lima film Indonesia juga masuk dalam perhelatan Busan International Film Festival (BIFF), di Korea Selatan, pada Oktober tahun lalu.

Prestasi sineas tanah air lainnya juga diukir oleh aktris senior kenamaan Christine Hakim yang ikut bermain dalam film internasional berjudul "The Last Of Us".

Film yang dibintangi Christine Hakim tersebut telah ditayangkan di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 9 Januari lalu di kanal HBO serta HBO Max dan mampu meraup 5,7 juta penonton saat penayangan perdana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com