Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lomba Internasional "Komodo Math Competition" 2023 Resmi Dibuka

Kompas.com - 04/02/2023, 19:53 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Eduversal Indonesia kembali menggelar "Komodo Math Competition", kompetisi matematika daring internasional yang diikuti siswa sekolah dari seluruh dunia. Seremoni pembukaan "Komodo Math Competition 2023" diadakan secara daring pada Sabtu, 4 Februari 2023.

Tahun ini "Komodo Math Competition" mengangkat tema "A Playing Ground for Agile Young Minds” dengan harapan kompetisi ini akan menjadi tempat bermain untuk pikiran muda yang segar dan suka tantangan.

Acara pembukaan "Komodo Math Competition 2023" diikuti siswa, guru, dan pecinta matematika dari mancanegara seperti Inggris, Kamboja, Indonesia, Vietnam, Mozambik, dan Sri Lanka.

Sebelumnya, Komodo Math Competition telah diikuti 10.000 peserta dari 65 negara di seluruh dunia.

Dalam kesempatan tersebut, Project Manager Komodo Math Competition, Ade Kiki menjelaskan, karakter Komodo dipilih karena hewan asli Indonesia ini memiliki beberapa kelebihan yakni kecakapan, kelincahan, kemampuan merawat diri, dan kemampuan bertahan hidup, yang merupakan sifat-sifat penting di era digital sekarang ini.

Kiki juga menjelaskan, sebagai sebuah kompetisi internasional Komodo Math Competition 2023 memiliki sistem ujian online berstandar internasional dengan keamanan canggih.

"Dan soal matematika standar HOTS (High Order Thinking Skill) yang tentunya akan mengasah otak dan kemampuan matematika para pesertanya," tambahnya.

Kategori dan jadwal "Komodo Math Competition 2023"

Komodo Math Competition 2023 merupakan ajang internasional lanjutan dari EMC (Eduversal Mathematics Competition). Peserta Komodo Math Competition 2023 adalah siswa sekolah dari seluruh dunia.

Terkait hal itu, pihak "Komodo Math Competition 2023" memfasilitasi empat bahasa yang dapat dipilih dalam kompetisi ini yaitu bahasa Inggris, bahasa Rusia, bahasa Spanyol dan bahasa Indonesia.

Baca juga: Siswa SD Asal NTT Juara Matematika Tingkat Dunia, Kerjakan Ribuan Soal dalam Setahun

 

Dalam "Komodo Math Competition", peserta dapat mendaftar sesuai kategori usia:

  • Salamander: sampai usia 10 tahun
  • Chameleon: sampai usia 12 tahun
  • Iguana: sampai usia 15 tahun
  • Dragon: sampai usia 18 tahun

Dengan demikian, setiap peserta hanya akan bersaing dengan peserta lain di kategori usianya sendiri sehingga peserta memiliki peluang menangnya lebih besar.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com