Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presensi Unik SMAN 3 Yogya, Siswa Selfie Saat Masuk dan Pulang Sekolah

Kompas.com - 02/02/2023, 13:18 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebelum teknologi secanggih sekarang, presensi di sekolah dilakukan dengan cara guru menyebutkan nama murid satu per satu.

Namun sejak awal tahun 2023, SMAN 3 Yogyakarta menerapkan sistem presensi yang berbeda.

Dengan sentuhan teknologi, siswa SMAN 3 Yogyakarta melakukan presensi lewat aplikasi di smartphone mereka. Uniknya, saat presensi siswa juga perlu selfi untuk menunjukkan keberadaan mereka di lingkungan sekolah.

Wakil kepala urusan sarana dan prasarana SMAN 3 Yogyakarta Rudi Hartanto mengatakan, prsensi menggunakan aplikasi di smartphone ini sudah diberlakukan sejak awal tahun 2023.

Baca juga: SNBP 2023 atau SNMPTN Jadi Jalur Favorit Siswa SMAN 3 Yogya

Sekolah kesulitan merekap data presensi siswa

Inovasi berupa presensi lewat aplikasi ini berawal karena permasalahan yang kerap dialami sekolah.

Pasalnya sekolah kesulitan merekap data presensi siswa di rapor. Seperti surat izin tidak masuk karena sakit atau acara keluarga.

"Orangtua banyak yang menitipkan surat melalui WhatsApp atau bahkan hanya melalui chat saja. Sehingga rekap data kurang valid," terang Rudi kepada Kompas.com, Kamis (2/2/2023).

Presensi siswa dilakukan melalui smartphone masing-masing menggunakan nomor induk siswa (NIS) serta password yang sudah dibuatkan oleh admin presensi sekolah.

Menurutnya, melalui aplikasi ini orangtua siswa juga bisa mengirimkan surat izin. Cukup dengan cara memfoto dan tidak perlu hadir ke sekolah untuk menyerahkan surat izin siswa.

Rudi menambahkan, lewat aplikasi ini, orangtua juga dapat memantau kehadiran siswa. Baik saat datang dan pulang sekolah.

Sehingga diharapkan orangtua juga menginstal aplikasi ini agar dapat memantau kehadiran anaknya saat presensi, foto selfie presensi hingga rekap ketidakhadiran. 

"Lewat aplikasi ini, orangtua juga bisa memastikan bahwa posisi anak berada di sekolah," imbuh Rudi.

Baca juga: Seperti Ini Sosok Erina Gudono di Mata Para Guru SMAN 3 Yogyakarta

Selfie saat lakukan presensi

Siswa SMAN 3 Yogyakarta perlu selfie saat melakukan presensi.DOK. SMAN 3 Yogyakarta Siswa SMAN 3 Yogyakarta perlu selfie saat melakukan presensi.

Selama sistem presensi ini diberlakukan, respon siswa juga sangat baik. Terutama para siswi karena bisa selfie atau berswafoto saat melakukan presensi.

Rudi menekankan, saat melakukan presensi, para siswa harus foto selfie di lokasi area SMAN 3 Yogyakarta. Kalau tidak berada di lokasi sekolah, maka tidak bisa presensi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com