Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

14 Prodi Pascasarjana UNJ Masuk Daftar Tujuan Beasiswa LPDP 2023

Kompas.com - 27/01/2023, 07:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak 14 program studi (prodi) pascasarjana Universitas Negeri Jakarta (UNJ) masuk dalam daftar tujuan atau pilihan beasiswa dalam negeri Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) tahun 2023 dari Kementerian Keuangan RI.

Prodi pascasarjana jenjang Magister (S2), terdiri dari: (1) Prodi Bimbingan Konseling; (2) Prodi Manajemen; (3) Prodi Pendidikan Anak Usia Dini; (4) Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia; (5) Prodi Pendidikan Dasar; (6) Prodi Pendidikan Jasmani; (7) Prodi Pendidikan Lingkungan; dan (8) Prodi Pendidikan Sejarah.

Sedangkan untuk jenjang Doktoral (S3), terdiri dari: (1) Prodi Ilmu Pendidikan Bahasa yang saat ini berganti nama menjadi Prodi Linguistik Terapan; (2) Prodi Linguistik Terapan; (3) Prodi Pendidikan Anak Usia Dini; (4) Prodi Pendidikan Dasar; (5) Prodi Pendidikan Jasmani; dan (6) Prodi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup.

"Dengan masuknya 14 prodi pascasarjana UNJ pada daftar tujuan beasiswa LPDP tahun 2023, ini juga menunjukan keunggulan Pascasarjana UNJ," ungkap Rektor UNJ Prof. Komarudin melalui rilis resmi (26/1/2023).

"Semoga Pascasarjana UNJ dapat terus mempertahankan dan meningkatkan kualitas dan kapasitas, sehingga dapat mencapai visi-misi UNJ menjadi kampus yang bereputasi di kawasan Asia," harap Prof. Komarudin.

Rektor UNJ juga menyampaikan, sejak tahun 2019 hingga 2023 ini, Pascasarjana UNJ terus meningkat kualitas, baik dari sisi tata kelola, dosen, atmosfer akademik, dan terutama pelayanan kepada mahasiswa.

Ini bisa dilihat dari raihan akreditasi internasional AQAS pada beberapa prodi Pascasarjana UNJ.

Raihan akreditasi internasional

Selama tahun 2021 hingga 2022, ada 17 prodi Pascasarjana UNJ, baik jenjang Magister maupun Doktoral meraih akreditasi internasional dari Lembaga Akreditasi Internasional AQAS (Agency for Quality Assurance through Accreditation of Study Programmes).

Baca juga: Daftar 25 Kampus Top Beasiswa LPDP 2023 Perguruan Tinggi Utama Dunia

Adapun raihan status akreditasi internasional ini terbagi ke dalam 4 Kluster.

Sertifikat akreditasi internasional Kluster 1 yang terdiri dari Prodi S2 dan S3 Pendidikan Dasar, Prodi S2 dan S3 Teknologi Pendidikan, Prodi S2 dan S3 Pendidikan Anak Usia Dini, serta Prodi S2 dan S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Status akreditasi AQAS Kluster 1 ini berlaku hingga 30 September 2027.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com