Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamu Mengalami Perundungan di Sekolah? Ini Cara Menghadapinya

Kompas.com - 21/01/2023, 13:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah kamu mengalami bullying atau perundungan di sekolah? Jika dihina, diejek, dicemooh, disindir atau bahkan mengarah pada kekerasan fisik, itu namanya perundungan.

Tentu hal itu tak bisa dibenarkan. Karena dampaknya sangat berat bahkan hingga terbawa di usia dewasa nanti.

Ada banyak hal yang memicu seseorang melakukan bullying. Di antaranya status sosial. Bagi si korban, aksi bullying ini akan menyisakan trauma. Mulai dari merasa down, hilang kepercayaan diri hingga depresi.

Melansir akun resmi Instagram Disdik Jawa Barat, Sabtu (21/1/2023), ada petikan menarik yang diambil dari serial drama Korea berjudul "The Glory".

Baca juga: Simak 4 Peran Orangtua untuk Mencegah Bullying

Di serial drama itu menceritakan siswa SMA yang dibully oleh teman-temannya di sekolah hingga mengalami kekerasan fisik dan trauma sampai dewasa.

Moon Dong Eun di drama Korea "The Glory"

Siswi yang menjadi korban bullying itu namanya Moon Dong Eun. Karena itu dia memberikan kalimat atau pesan positif, yakni:

"Don’t bully another student because you wear better clothes, because you ride in a better car, or because you live in a better house".

(Jangan merundung siswa lain karena kamu mengenakan pakaian yang lebih baik, mengendarai mobil yang lebih baik atau tinggal di rumah yang lebih baik).

"Nah, warga Disidik Jabar, yuk bersama kita hentikan perundungan. Hentikan perundungan, eratkan persaudaraan!," pesan admin Instagram Disdik Jabar.

Merangkum laman gramedia.com, seperti ini cara menghadapi bullying di sekolah.

Cara menghadapi bullying di sekolah

Jika kalian dibully, maka:

1. Tetap percaya diri dan hadapi tindakan bullying dengan berani.

2. Simpan semua bukti bullying yang bisa kalian laporkan, kepada orang dewasa yang dekat dan kalian percaya, seperti guru, jika guru adalah pelaku, laporkan segera ke orangtua kalian, jika perlu melaporkan ke aparat penegak hukum, dalam hal ini Polisi.

Baca juga: Cara Menghadapi Bullying di Sekolah

3. Jangan pernah takut untuk berbicara atau melaporkan, meskipun kalian diancam oleh pelaku, karena mengancam juga merupakan tindakan kriminal.

4. Berbaurlah dengan teman-teman yang membuat kalian percaya diri dan selalu berpikir positif.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com