Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yayasan SUN Latih Ratusan Siswa SMK di Kudus Cetak Lulusan Siap Kerja di Industri PLTS

Kompas.com - 18/01/2023, 13:40 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Yayasan Sinar Utama Nusantara (Yayasan SUN) bersama Djarum Foundation menginisiasi sebuah program edukasi berupa pelatihan Teknisi Sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) bagi siswa SMK.

Melalui program ini diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah mempersiapkan SDM berkualitas dan siap kerja di industri energi surya.

Yayasan SUN merancang modul pelatihan selama satu tahun penuh yang meliputi pertemuan tatap muka, daring, praktik, serta magang.

Galuh Paskamagma, Program Officer Bakti Pendidikan Djarum Foundation melalui rilis resmi (18/1/2022) menyampaikan, pelatihan ini dilakukan guna menyiapkan tenaga terampil sebagai teknisi pemasangan panel surya atap yang saat ini banyak dibutuhkan.

"Kerjasama dengan Grup SUN ini memungkinkan guru dan siswa untuk praktek menggunakan peralatan yang sesuai dengan standar industri serta dibimbing oleh tenaga profesional yang kompeten di bidangnya”, tambahnya.

Dalam kesempatan sama, Anggita Pradipta Perwakilan Yayasan SUN menjelaskan, program pelatihan teknisi PLTS ini telah berlangsung selama satu tahun mulai dari Januari 2022 hingga Januari 2023 bertempat di SMK Wisudha Karya, Kudus, Jawa Tengah.

Pada 17 Januari 2022 dilakukan seremoni penyerahan sertifikat kelulusan bagi 131 siswa serta 2 orang guru.

Materi pelatihan mencakup teori, praktikum, dan simulasi mengenai sistem energi surya, seperti pengetahuan dasar energi terbarukan, manfaat energi surya, cara kerja, cara instalasi dan pengoperasian, hingga pemeliharaan sistem PLTS.

"Selain itu, untuk menunjang kegiatan pelatihan, juga telah dibangunan fasilitas rancang desain atap di dalam kelas sebagai sarana praktikum, serta sistem PLTS Atap berupa 12 kWp sehingga siswa dapat belajar mengoperasikan dan memelihara sistem PLTS secara langsung," jelas Anggita.

Baca juga: Perusahaan Cat Avian Buka Lowongan Magang SMK-S1

“Lima siswa dengan nilai terbaik pada pelatihan ini memiliki kesempatan untuk Praktik Kerja atau magang di Grup SUN. Bekerja sama dengan mitra bisnis SUN Energy dan SUNterra, siswa terjun langsung pada proyek instalasi sistem PLTS baik di skala residensial hingga komersial," tambahnya.

Anggita juga mengungkapkan, pihaknya percaya perkembangan industri energi surya ini membutuhkan keterampilan tenaga kerja, salah satunya adalah teknisi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com