Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Hidup Mahasiswa di Bandung dan Jakarta, Ini Kisaran Per Bulan

Kompas.com - 18/01/2023, 09:04 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kota Jakarta dan Bandung merupakan dua kota tujuan calon mahasiswa yang ingin menuntut pendidikan tinggi. Selain menjadi pusat bisnis, Jakarta dan Bandung menyediakan banyak pilihan perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS). Lantas, berapa kisaran biaya hidup dan Jakarta dan Bandung untuk mahasiswa rantau?

Tak dipungkiri, selain biaya kuliah, mahasiswa yang memutuskan untuk merantau ke Jakarta dan Bandung juga harus memikirkan berapa biaya hidup di dua kota tersebut. Pasalnya, biaya hidup yang terdiri dari biaya indekos, biaya makan, hingga transport merupakan faktor penting penunjang kehidupan dan perkuliahan.

Berikut rangkuman Kompas.com tentang kisaran biaya hidup mahasiswa di Jakarta dan Bandung, dirilis dari laman Media Nusantara Citra (MNC) University, Universitas Pasundan (Unpas), dan beberapa sumber lainnya.

Baca juga: Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Jogja dan Solo? Ini Kisaran Per Bulan

Biaya hidup mahasiswa di Jakarta

Jakarta sebagai ibukota negara dapat dikatakan sebagai gudang ilmu. Di kota Metropolitan tersebut tidak hanya berdiri universitas atau kampus ternama, tetapi juga berkualitas dan berstandar internasional. Itulah sebabnya, Jakarta menjadi impian kebanyakan orang untuk menimba ilmu dan bahkan ingin tinggal menetap di sana untuk membangun karier.

Beberapa Universitas Negeri dan Swasta di Jakarta yakni Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Universitas Islam Jakarta, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Kristen Indonesia, Universitas Tarumanagara, Universitas Trisakti Universitas, dan lain-lain.

Baca juga: Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Surabaya dan Malang? Ini Kisarannya

Melansir laman resmi MNC University, biaya akomodasi untuk mahasiswa di Jakarta termasuk bervariasi. Biaya kamar untuk anak kos ada yang berkisar Rp 1.500.000 hingga Rp 2.500.000 per bulan. Namun, jika ingin tinggal di apartemen, biayanya sekitar Rp 17.000.000 hingga Rp 40.000.000 per tahun.

Sementara itu, untuk biaya konsumsi juga tergolong variatif. Mahasiswa dapat membeli makanan di warteg sekitar kampus, kantin, bahkan menu restoran.

Ada banyak mahasiswa yang menyiasati biaya konsumsi agar lebih hemat dengan membeli makanan sederhana seharga Rp 17.000 hingga Rp 30.000 seperti bakso, bakmi, makanan dari warung padang, gado-gado, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, moda transportasi di Jakarta tergolong mudah. Pada umumnya pekerja dan mahasiswa menggunakan kereta rel listrik (KRL), Transjakarta, transportasi online, dan ojek pangkalan. Ada juga beberapa universitas yang menyediakan bus kampus untuk mengantar dan menjemput mahasiswa dari lokasi tertentu hingga ke universitasnya.

Baca juga: 6 Beasiswa S1-S3 Jarang Dilirik, Kuliah Gratis dan Ada Tunjangan Hidup

Oleh karena itu, kisaran biaya hidup mahasiswa di daerah Jakarta dapat dikatakan berkisar Rp 3.000.000 hingga Rp 6.000.000 per bulan. Biaya hidup ini tentu bergantung dari gaya hidup tiap mahasiswa.

Namun, mahasiswa di Jakarta cukup kreatif. Banyak dari antara mereka yang mencari pekerjaan tambahan seperti bekerja di kampus sebagai part time, freelance di beberapa perusahaan, membangun start up, bahkan berinvestasi.

Dengan demikian, mereka tidak hanya mengharapkan uang dari orangtuanya, tetapi berusaha mencari uang tambahan sekaligus melatih skill, memperluas jaringan, membangun koneksi dengan banyak orang, dan melatih diri agar semakin terbiasa dalam dunia kerja.

Biaya hidup mahasiswa di Bandung

Bandung merupakan salah satu tujuan favorit para pelajar dan mahasiswa yang sedang menuntut ilmu. Di Kota Kembang ini banyak berdiri universitas negeri dan swasta, sekolah tinggi, dan pondok pesantren. Selain lingkungannya yang kondusif untuk belajar, biaya hidup di Bandung juga terbilang ramah di kantong mahasiswa.

Baca juga: Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Sumut-Sumbar? Ini Kisaran Per Bulan

Di Bandung terdapat beberapa Universitas Negeri dan Swasta yang berkualitas. Kamu dapat menggunakan daftar universitas terbaik di Bandung versi UniRank 2022 yakni Institut Teknologi Bandung, Universitas Telkom Bandung, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Universitas Katolik Parahyangan Bandung, dan lain-lain.

Biaya hidup di kota Kembang tergolong lebih terjangkau bila dibandingkan dengan Jakarta. Mahasiswa dapat bertahan hidup di Bandung dengan kisaran biaya Rp 1.500.000 hingga Rp 2.500.000 per bulan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com