Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjelasan Apa Itu Program Studi dan Jurusan, Camaba Perlu Tahu

Kompas.com - 14/01/2023, 15:53 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi para calon mahasiswa baru (camaba) tentu belum begitu paham atau kurang familiar dengan istilah-istilah yang biasa terdapat di perguruan tinggi.

Salah satu istilah yang paling sering didengar dalam dunia perkuliahan adalah program studi atau prodi dan istilah lain seperti jurusan kuliah.

Banyak orang juga menyebutkan prodi ini dengan nama lain seperti ‘jurusan’ karena istilah inilah yang seringkali muncul dan didengar saat berada di bangku SMA.

Program studi bisa dibilang sama dengan jurusan dan ini merupakan istilah yang paling mudah untuk menjelaskan tentang apa itu program studi di perguruan tinggi.

Baca juga: 5 Sekolah Kedinasan Boleh Pakai Kacamata, Ini Ketentuannya

Penjelasan program studi dan jurusan

Namun, sebelum memilih program studi yang ingin dipilih, terlebih dahulu calon mahasiswa harus memilih fakultasnya.

Hal ini karena program studi ada di bawah naungan sebuah Fakultas di suatu universitas.

Melansir dari laman Masoem University, Sabtu (14/1/2022) bisa dijelaskan bahwa urutan yang mudah dipahami camaba adalah universitas menaungi beberapa fakultas dan tiap fakultas terdiri dari beberapa program studi (prodi).

Biasanya, setiap perguruan tinggi akan memiliki lebih dari satu fakultas yang ditawarkan bagi calon mahasiswa baru untuk dipilih.

Prodi atau program studi ini secara mudahnya bisa diartikan dengan ilmu kekhususan atau program tertentu.

Calon mahasiswa akan mendapatkan ilmu yang spesifik tentang sesuatu dalam setiap program studi.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Bahasa Inggris British dan Bahasa Inggris Amerika

Misalnya saja jika kamu memilih berkuliah di Fakultas Hukum. Pada semester kelima mahasiswa akan diminta untuk menentukan jurusan mana yang diambil. Mahasiswa bisa mengambil jurusan perdata, pidana, atau kenegaraan.

Contoh lain adalah untuk mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris. Pada semester empat, mahasiswa harus memilih untuk masuk ke jurusan Linguistic, American Drama, atau Sastra.

Namun kebijakan pemilihan jurusan ini bisa saja berbeda sesuai ketentuan masing-masing perguruan tinggi.

Ada juga universitas yang langsung membuka prodi atau program studi tertentu tanpa membuat fakultasnya.

Sebelum calon mahasiswa mendaftar di suatu kampus akan lebih baik jika mencari tahu secara detail terlebih dahulu seperti apakah kebijakan yang dimiliki oleh kampus incaranmu.

Baca juga: Ketahui 4 Peminatan di Jurusan Psikologi, Kamu Pilih Mana?

Demikian pengertian program studi atau prodi dan jurusan yang perlu diketahui para calon mahasiswa baru. Dengan memahami fakultas, program studi dan jurusan, kamu akan lebih siap dan tidak salah pilih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com