Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamu Lulusan Jurusan Matematika? Ini 6 Peluang Kerjanya

Kompas.com - 03/01/2023, 17:37 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Matematika kerap dianggap sebagai salah satu jurusan kuliah yang menakutkan, karena berkaitan dengan angka-angka dan rumus-rumus yang abstrak.

Selain itu, masih banyak orang yang berpikiran sempit dan menganggap lulusan jurusan matematika hanya bisa mengajar dan menjadi guru.

Baca juga: 9 Pekerjaan Freelance buat Mahasiswa, Gaji Bisa di Atas Rp 7 Juta

Anggapan tersebut jelas kurang tepat disematkan kepada mahasiswa lulusan jurusan matematika. Pasalnya banyak sekali profesi menjanjikan yang dapat menampung para lulusan matematika.

Dosen Pendidikan Matematika UM Surabaya, Syarifuddin membagikan enam profesi atau peluang kerja yang menjanjikan untuk lulusan matematika.

Pertama, kata dia, adalah menjadi seorang data analyst.

Lulusan jurusan matematika memiliki peluang yang besar untuk bisa menjadi seorang data analyst.

Profesi ini sangat cocok bagi para lulusan matematika karena erat kaitannya dengan mengolah, manafsirkan dan menyajikan data ke dalam bentuk informasi yang lebih berguna dan mudah dipahami.

"Sehingga hal ini dapat digunakan untuk membuat laporan dan membuat kebijakan yang lebih baik terkait hal-hal tertentu, seperti pemasaran, strategi penjualan dan lain sebagianya," ucap dia dalam keterangannya dikutip Selasa (3/1/2023).

Kedua adalah programmer. Bekerja sebagai programmer merupakan salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi seorang lulusan jurusan matematika.

Baca juga: Unesa Peroleh Rekomendasi Dirikan Fakultas Kedokteran

Pekerjaan ini dinilai cocok dengan lulusan jurusan matematika karena pada bahasa pemprograman yang dibuat oleh seorang programmer erat kaitannya dengan logika dan algoritma.

Di mana hal ini menjadi salah satu keahlian yang dimiliki oleh seorang lulusan jurusan matematika.

"Mahasiswa lulusan jurusan matematika tentunya sudah terbiasa dengan materi logika matematika yang banyak digunakan oleh para programmer dalam membuat dan mengembangkan software atau perangkat lunak," jelas dia.

Ketiga, menjadi seorang Content Creator. Pekerjaan ini merupakan salah satu pekerjaan yang saat ini banyak diminati oleh generasi millennial dan generasi Z.

Pekerjaan ini juga bisa dilakukan oleh mahasiswa lulusan jurusan matematika.

Yaitu, dengan membuat video-video edukasi tentang cara menghitung dan menyelesaikan soal matematika atau bisa juga memberi pengetahuan tentang berbagai macam rumus matematika dengan cara yang menarik dan menyenangkan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com