Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dokter FK Unair Beberkan Risiko Pecah Pembuluh Darah di Kepala

Kompas.com - 03/01/2023, 17:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sakit kepala tentu sering dialami siapa saja. Karena itu, sakit kepala tidak bisa dianggap enteng.

Sebab, sakit kepala bisa berkaitan dengan pecahnya pembuluh darah di kepala. Hal itu diungkapkan Dr. dr. Andrianto, SpJP(K)., FIHA., FAsCC., yang merupakan Dosen Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair).

Menurutnya, pecahnya pembuluh darah di kepala akan menyebabkan terganggunya suplai oksigen dan nutrisi pada otak dan proses desak ruang kepala yang mengganggu otak.

Adapun gejala yang sering terjadi pada seseorang yang berisiko mengalami pecah pembuluh darah di kepala adalah sakit kepala.

Baca juga: Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat, Info Unas

Hanya saja, gejala ini mirip dengan gejala penyakit lainnya. "Sehingga banyak orang yang tidak sadar kalau ada masalah yang berpotensi pembuluh darah pecah di kepala," ujarnya dikutip dari laman Unair, Senin (2/1/2023).

Tak hanya itu saja, keluhan mengenai sakit kepala bisa terjadi berulang. Bahkan rasa sakit itu akan meningkat seiring berjalannya waktu dan saat diberi obat anti nyeri justru tidak ada perbaikan.

"Kalau sampai tekanan yang ada di dalam kepala meningkat bisa terjadi mual dan muntah," terangnya.

Dokter Andrianto juga menjelaskan bahwa vertigo juga gejala yang harus diwaspadai. Demikian pula kesulitan bicara, pingsan dan kelemahan otot tangan dan kaki.

Berbagai gejala tersebut perlu diwaspadai apalagi disertai faktor risiko seperti usia lanjut, tekanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes, kolesterol tinggi, riwayat merokok, dan sebagainya.

"Oleh karenanya harus ada pemeriksaan lanjutan," jelas dia.

Baca juga: 12 Tips Meredakan Sakit Kepala dari Universitas Nasional

Upaya pencegahannya

Hal yang harus dipahami ialah pecahnya pembuluh darah di kepala sangat erat kaitannya dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Sementara itu hipertensi berhubungan dengan tingginya kadar kolesterol, obesitas, diabetes, stres, dan merokok.

Maka dari itu, yang harus dilakukan untuk mencegahnya adalah perubahan gaya hidup sejak masih muda.

Dijelaskan, hipertensi yang tidak terkontrol berisiko tinggi menimbulkan terjadinya komplikasi, salah satunya pecah pembuluh darah di kepala.

Akan tetapi, penderita hipertensi tidak perlu sangat risau akan hal ini. Pencegahan terjadinya komplikasi bisa dilakukan dengan cara mengontrol tekanan darah dalam batas normal.

Baca juga: Stikes Panti Kosala: Ini Tanda dan Gejala Jantung Koroner

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com