Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenali Jalur Masuk di Undip, Persiapan Daftar SNPMB 2023

Kompas.com - 02/01/2023, 10:27 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Diponegoro (Undip) menjadi salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) favorit yang diincar para calon mahasiswa di seluruh Indonesia.

Dalam Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023, Kemendikbud Ristek telah mengungkapkan bahwa tiap PTN akan membuka tiga jalur masuk.

Yakni jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dan jalur Mandiri oleh PTN.

Siswa yang tertarik mendaftar di Undip, selain menyediakan tiga jalur tersebut juga membuka penerimaan mahasiswa di beberapa jalur lain.

Baca juga: Ini Syarat dan Kriteria Siswa Eligible SNBP 2023

Jalur masuk Undip

Melansir dari laman penerimaan mahasiswa baru Undip, Minggu (1/1/2022) menerangkan jalur masuk yang tersedia di Undip pada penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023.

Meski belum ada informasi resmi dari Undip apakah jalur ini juga akan dibuka di SNPMB 2023, tidak ada salahnya para calon mahasiswa mempersiapkan diri untuk mendaftar di jalur yang disediakan Undip.

1. Jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau sekarang disebut Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

2. Jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) atau sekarang disebut Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

3. Jalur Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) yang terbuka untuk program S1 dan vokasi serta PSDKU.

Baca juga: Intip Gaji Fresh Graduate di 10 Negara Asia, Indonesia Nomor Berapa?

4. Universitas Diponegoro juga membuka Kelas Internasional jalur Sarjana S1.

Sarjana S1 Internasional (International Undergraduate Program-IUP) dirancang sebagai kelas khusus dengan bahasa inggris sebagai media komunikasi dalam semua kegiatan dikampus.

Kelas IUP dirancang untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing global dan kesempatan seluas-luasnya bagi calon mahasiswa nasional maupun internasional.

5. Universitas Diponegoro juga membuka kembali Ujian Mandiri (UM) S1 dengan menggunakan metode gabungan antara portofolio dan Tes Potensi Skolastik (TPS) secara online.

6. Jalur UM S1 beasiswa Kelautan

Satu lagi jalur masuk Undip di penerimaan mahasiswa baru 2022/2023. Jalur ini terbuka khusus untuk Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

Siswa yang mendaftar di jalur ini bebas biaya pendaftaran, SPI dan UKT selama 8 semester. Beasiswa Undip untuk fakultas perikanan dan ilmu kelautan berlaku untuk sejumlah program studi berikut ini:

1. Program Studi S1 Akuakultur
2. Program Studi S1 Ilmu Kelautan
3. Program Studi S1 Manajemen Sumberdaya Perairan
4. Program Studi S1 Oseanografi
5. Program Studi S1 Perikanan Tangkap
6. Program Studi S1 Teknologi Hasil Perikanan.

Baca juga: Kenali Perbedaan Sekolah Luar Biasa dan Sekolah Inklusi

Demikian jalur masuk Undip mengacu pada pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru 2022/2023. Untuk informasi lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru di Undip bisa terus dipantau di laman https://pmb.undip.ac.id/.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com