Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa Asal Gambia Cerita Pengalaman Kuliah di UNY

Kompas.com - 30/12/2022, 15:00 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) punya mahasiswa asing dari berbagai negara. Salah satunya Ebrima Jonga yang berasal dari negara Gambia Afrika Barat.

Ia yang kuliah di UNY mengambil Prodi S1 Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial itu berbagi pengalamannya sebagai siswa internasional.

Ternyata, ia merasa senang bisa belajar bersama mahasiswa Indonesia serta mahasiswa dari berbagai negara.

Selain itu, Ebrima Jonga suka dengan kampus dan suasana UNY karena hampir semua fasilitas tersedia. Seperti perpustakaan digital, pusat kebugaran, pusat perawatan kesehatan, stadion sepak bola dan kantin.

Baca juga: Usai Lulus S3, Japhet Dirikan Sport Massage dan Terapi ala UNY di Burundi

Kini, dia sudah memasuki semester 7 dan bekerja paruh waktu sebagai student employment di kantor unit kemitraan internasional.

Ia mengatakan memilih belajar di UNY karena memberikan kesempatan yang sangat baik untuk belajar bahasa Indonesia sambil memperluas pengetahuan tentang administrasi publik dan masalah yang terkait.

"Dalam arti akademis, saya memilih kuliah di Universitas Negeri Yogyakarta karena universitas tersebut menawarkan standar pendidikan yang tinggi," ujar dia dikutip dari laman UNY, Rabu (28/12/2022).

Di UNY juga menawarkan berbagai kesempatan belajar terbuka, termasuk kursus online, modul, dan bentuk pembelajaran digital lainnya dengan kualitas pendidikan yang tinggi.

Gelar dan akreditasi yang diberikan oleh universitas diakui dengan baik di seluruh dunia, dan universitas memiliki kampus modern dan fasilitas pembelajaran canggih.

Universitas ini dikhususkan untuk keunggulan dalam pengajaran, pembelajaran, dan penelitian dan untuk mengembangkan para pemimpin dalam banyak disiplin ilmu yang membuat perbedaan secara global.

Serta fakultas terlibat dalam pengajaran dan penelitian untuk mendorong batas-batas pengetahuan manusia.

Selama 3 tahun ini, Ebrima Jonga telah memperoleh latar belakang pengetahuan dan pengalaman yang kuat di jurusan administrasi publik.

Baca juga: Dosen UNY-UGM Inovasi Smart Farm, Ini 5 Keunggulannya

Ia memilih jurusan ini karena membuat orang menjadi terampil dan berkualitas di bidang administrasi publik yang sangat penting dalam proses demokrasi yang sedang dialami negara Gambia.

"Oleh karena itu akan berperan penting dalam membentuk hidup saya sebagai warga negara yang produktif dan bertanggung jawab, dan tidak diragukan lagi akan memungkinkan saya untuk menjalankan fungsi saya secara efisien dan efektif di tempat kerja," terang Ebrima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com