BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan FIZZO

Ini 3 Alasan Penulis Novel di Platform Digital Jadi Profesi Menjanjikan pada 2023

Kompas.com - 29/12/2022, 13:51 WIB
Aningtias Jatmika,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Memasuki 2023, sebagian orang mulai membuat daftar personal goal atau resolusi, mulai dari membeli gadget, rutin berolahraga, mengasah skill, hingga mencari pekerjaan baru.

Jika salah satu resolusi adalah mencari pekerjaan baru, kamu bisa mempertimbangkan menjadikan hobi sebagai pilihan karier. Salah satunya adalah penulis novel online. Profesi ini berkembang di tengah peningkatan tren kerja virtual sebagai dampak dari pandemi Covid-19 serta diprediksi menjadi pekerjaan menjanjikan pada 2023.

Salah satu platform yang belakangan menjadi pilihan para penulis novel online untuk mengembangkan karier adalah Fizzo. Adapun Fizzo merupakan aplikasi gratis untuk membaca dan menulis karya fiksi, khususnya novel.

Selain bisa menulis kapan dan di mana saja, penulis novel online di Fizzo juga memperoleh berbagai keuntungan lain. Berikut adalah ulasannya.

1. Sistem kerja fleksibel

Perkembangan teknologi, khususnya pada masa pandemi Covid-19, mendorong masyarakat untuk bekerja kapan saja dan dari mana pun secara mudah. Sistem kerja berbasis virtual ini telah lama diterapkan oleh industri novel online, termasuk platform Fizzo.

Hal tersebut dirasakan oleh salah satu penulis novel pada platform Fizzo, Ashya Khoir. Perempuan yang juga berprofesi sebagai wirausaha itu mengaku senang dapat menyalurkan hobi dan bakatnya melalui Fizzo.

Penulis novel online pada platform Fizzo, Ashya Khoir. Fizzo Penulis novel online pada platform Fizzo, Ashya Khoir.

Semula, ia merasa khawatir tidak bisa membagi waktu antara kedua profesi tersebut. Namun, dengan Fizzo, ia bisa menjalankan usaha sembari menekuni profesi menulis.

“Fizzo tak hanya mengedepankan fleksibilitas, tetapi juga menyediakan tim editor profesional yang memandu penulis dalam penulisan,” ujar Ashya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Rabu (28/12/2022).

2. Memperluas wawasan dan pertemanan

Penulis novel online juga berkesempatan membuka wawasan sekaligus menjalin koneksi dengan sesama penulis secara lebih luas.

Dengan tren bekerja secara virtual, penulis dapat bertukar ide dengan mudah. Hal ini pun membuat penulis baru bisa mendapat bimbingan dari penulis lain yang berpengalaman.

Baca juga: Buya Hamka, Pahlawan Nasional dan Penulis Novel Terlaris

Keuntungan itu dirasakan Diahara. Dia menceritakan bahwa dirinya dapat menjalin jejaring atau networking dengan penulis lain setelah bergabung dengan Fizzo.

Penulis novel online pada platform Fizzo, Diahara. Fizzo Penulis novel online pada platform Fizzo, Diahara.

“Fizzo juga kerap mengadakan pelatihan khusus yang membantu (kami) mengembangkan kemampuan menulis. Terdapat berbagai materi bermanfaat yang bisa saya terapkan dalam penulisan cerita. Hal ini membuat cerita saya semakin dinikmati pembaca Fizzo,” kata Diahara.

3. Mendapat penghasilan dan bonus

Mendapatkan penghasilan dari hobi yang dijalankan merupakan dambaan bagi setiap orang. Hal ini bisa didapat penulis novel online.

Dengan menyalurkan hobi menulis lewat platform online, seperti Fizzo, penulis bisa mendapatkan sumber pendapatan baru yang stabil untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Hal itu diakui seorang penulis novel online di platform Fizzo, Rita Febriyeni. Ia mengatakan bahwa bekerja penuh waktu (fulltime) sebagai penulis novel online merupakan keputusan tepat.

“Setelah bekerja sebagai penulis di Fizzo, saya justru mendapatkan penghasilan yang lebih besar jika dibandingkan pendapatan dari tempat saya bekerja sebelumnya,” ujar ibu rumah tangga itu.

Penulis novel online pada platform Fizzo, Rita Febriyeni.Fizzo Penulis novel online pada platform Fizzo, Rita Febriyeni.

Selain penghasilan tetap, lanjut Rita, Fizzo juga sering memberikan bonus sebagai bentuk apresiasi kepada penulis.

“Hal itu menjadi motivasi bagi saya untuk terus menghasilkan tulisan berkualitas di Fizzo,” kata dia.

Sebagai informasi, banyak penulis, termasuk penulis baru, bergabung dengan Fizzo untuk membangun karier sebagai penulis novel online profesional.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film Bertema Penulis

Guna mengembangkan dan mengasah kualitas penulis novel online di Indonesia, Fizzo menyelenggarakan program “Fizzo Star Writer”.

Program Fizzo Star Writer pada platform novel online Fizzo. Fizzo Program Fizzo Star Writer pada platform novel online Fizzo.

Program yang sudah berjalan sejak Kamis (15/12/2022) itu memberikan kesempatan bagi penulis untuk mendapatkan hadiah spesial dan promosi eksklusif di Fizzo, berkolaborasi dengan penulis top di Indonesia, serta hadir sebagai narasumber pada berbagai acara.

Untuk dapat bergabung dalam program tersebut, penulis harus memenuhi sejumlah indikator, mulai dari jumlah pendapatan, performa buku, popularitas cerita, konsistensi, persentase retensi, hingga kemampuan menulis.

Informasi lengkap mengenai program “Fizzo Star Writer”, program terbaru dari Fizzo, dan cerita inspiratif dari para penulis bisa kamu temukan pada laman Fizzo: Ignite the Storyteller in You.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com