Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Beasiswa S2-S3 ke Australia yang Beri Kuliah Gratis dan Tunjangan

Kompas.com - 24/12/2022, 15:00 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ada beragam pilihan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah luar negeri dengan tujuan tertentu, misalnya mempromosikan universitas dan ikut serta mengembangkan generasi muda.

Setiap negara memberikan ketentuan dan manfaat yang berbeda-beda pula, sesuai dengan visi pemberian beasiswa tersebut. Pada umumnya diberikan beasiswa kepada mahasiswa internasional untuk jenjang S1, S2, dan S3.

Negara Australia termasuk salah satu negara yang gencar memberikan beasiswa kepada pelajar internasional.

Data dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), pada tahun 2022 mencatat ada sekitar 11.000 mahasiswa Indonesia yang kuliah di Australia.

Baca juga: Cek 5 Beasiswa S1-S3 Luar Negeri dengan Fasilitas Asrama Gratis

Australia disebut sebagai salah satu negara favorit mahasiswa Indonesia dalam menimba ilmu karena lokasinya tidak begitu jauh, ada banyak universitas yang termasuk pada peringkat tinggi dunia, banyak program studi pilihan, dapat bekerja sambil kuliah, memiliki kualitas pendidikan yang tinggi.

Selain itu, negeri Kangguru juga menjadi salah satu negara impian dan salah satu negara yang populer bagi mahasiswa internasional untuk kuliah.

Merilis laman Schoter, ekonomi di negara Australia menjadi salah satu yang paling aman di dunia maju, dengan tingkat pengangguran dan inflasi yang rendah. Australia juga memiliki badan pengawas dan kualitas nasional untuk pendidikan tinggi yaitu Tertiary Education Quality and Standards Agency (TEQSA).

Baca juga: Beasiswa S1-S2 ke Kampus Terbaik Australia 2023, Senilai Rp 104 Juta

Badan tersebut didirikan oleh pemerintah Australia untuk memantau kualitas dan mengatur penyelenggara pendidikan tinggi universitas dan non-universitas terhadap serangkaian standar yang dikembangkan oleh Panel Standar Pendidikan Tinggi yang independen.

Bagi kamu yang berminat melanjutkan kuliah di Australia, ada tiga pilihan beasiswa internasional yang dapat kamu coba, merilis laman Schoter.

3 Pilihan beasiswa penuh di Australia

1. Australian Awards Scholarship (AAS)

Beasiswa AAS memberikan kesempatan bagi warga negara Indonesia untuk meraih gelar master atau doktor dari universitas di Australia. Beasiswa ini juga membuka peluang untuk meniti karier yang membawa perubahan.

Peserta beasiswa akan dipilih berdasarkan kemampuan akademik, kualitas kepemimpinan, kecakapan berbahasa Inggris, dan potensi untuk berperan dalam pembangunan di Indonesia.
Pemberi beasiswa akan memberikan kursus persiapan akademis dan bahasa Inggris hingga sembilan bulan di Indonesia, sebelum keberangkatan ke Australia.

Baca juga: Simak 9 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Gratis

Selain itu, beasiswa ini akan menanggung perjalanan pulang pergi, kontribusi untuk biaya hidup, pertanggungan kesehatan pelajar selama beasiswa, dan tunjangan kerja lapangan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini, silakan lihat di laman Australia Awards in Indonesia https://www.australiaawardsindonesia.org/

2. University of Adelaide Research Scholarships (UARS)

Beasiswa ini memberikan biaya pendidikan penuh (100 persen) kepada peserta yang lulus, yang mencakup biaya kuliah sebagai mahasiswa riset University of Adelaide hingga dua tahun untuk gelar Master Riset dan selama empat tahun (tanpa perpanjangan) untuk gelar Doktor Riset.

UARS juga akan memberikan tunjangan hidup sebesar AUD 28.854 per tahun (sekitar Rp 302 juta) hingga dua tahun untuk gelar Master Riset, dan hingga tiga tahun (dengan kemungkinan perpanjangan enam bulan) untuk gelar Doktor Riset.

Baca juga: 7 Beasiswa S1-S3 Pendaftaran Januari 2023, Kuliah Gratis dan Uang Saku

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com