Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prodi Biomedicine I3L Raih Akreditasi Unggul LAM Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia

Kompas.com - 21/12/2022, 18:12 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Kepala Program Studi (Kaprodi) Biomedicine Indonesia International Institute for Life Sciences (I3L) Elizabeth Sidhartha melalui rilis resmi (21/12/2022) menyampaikan, jurusan Biomedicine i3L memperoleh akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes).

Setelah melalui beberapa proses, Asesor LAM-PTKes menyorot kecukupan dan kualitas fasilitas laboratorium penelitian dan portal akademik terintegrasi yang dimiliki i3L, serta kedisiplinan jurusan Biomedicine dalam mengevaluasi keberlangsungan proses belajar mengajar secara rutin di setiap semester.

“Akreditasi unggul yang kami dapatkan ini adalah konfirmasi dari setiap upaya yang telah kami lakukan untuk menjamin kualitas dari sistem pengajaran and lulusan jurusan Biomedicine di i3L,” jelas Elizabeth.

“Hasil akreditasi ini juga menunjukkan bahwa jurusan Biomedicine i3L mampu menyediakan atmosfir akademik yang mendukung penelitian dan pengabdian masyarakat yang produktif, serta memastikan sistem operasional yang efektif," tambah Elizabeth.

Elizabeth mengatakan, pihaknya terus berkomitmen menjaga kualitas dari lulusan Prodi Biomedicine sebagai bentuk tanggung jawab dari status unggul yang telah didapatkan prodi yang telah dipimpinnya ini.

“Ini tentu menjadi berkah sekaligus menjadi tantangan bagi kita untuk terus berbenah agar status unggul ini tetap bisa dipertahankan ke depannya,” harapannya.

Dalam hal akademik, lanjut Elizabeth, Prodi Biomedicine terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dosen pengampu. Kegiatan tersebut berupa pelatihan, penyegaran, dan pendalaman materi terkait dengan pelaksanaan Biomedicine.

Pelatihan juga melibatkan dosen-dosen pada bidang studi yang potensial diselenggarakan sehingga ketika bidang studi tersebut diselenggarakan, segenap SDM pendukung selalu siap dalam memberikan materi pembalajaran yang maksimal dan praktik laboratorium.

Baca juga: Unair Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT hingga 2023

Elizabeth Sidhartha menegaskan, akreditasi menjadi marwah perguruan tinggi. Pihaknya menilai, i3L terus berbenah untuk meningkatkan kualitas agar terwujudnya kampus yang ideal dan nyaman dalam proses pembelajaran.

“Dengan status unggul yang didapatkan Prodi Biomedicine ini, tentu memberikan menambah jumlah prodi yang terakreditasi unggul di dilingkungan i3L. Tentu ini merupakan capaian yang luar biasa,” terangnya.

Kaprodi S1 Biomedicine i3L berharap capaian ini menjadi tambahan semangat agar selalu meningkatkan kualitas prodi serta mencetak lulusan kompeten sesuai dengan visi dan misi program studi S1 Biomedicine yang telah ditetapkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com