Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sukses Optimalkan LMS, LP3M UNJ Gelar "LMS Award 2022"

Kompas.com - 21/12/2022, 17:19 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memberikan penghargaan kepada sivitas akademika UNJ dalam acara "LMS UNJ Award 2022" yang dilaksanakan pada Rabu, 21 Desember 2022.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada pihak-pihak yang telah mengoptimalkan pemanfaatan Learning Management System (LMS) dan diberikan kepada fakultas, program studi, dosen, mahasiswa dan admin untuk kelas serta aktivitas terbanyak di LMS UNJ.

Hingga tahun 2022 ini, LMS UNJ yang beralamat di https://onlinelearning.unj.ac.id/ memiliki 792 akun Teacher (dosen), 25.120 akun Student (mahasiswa), 6.009 mata kuliah, 386.547 Post Diskusi, 22.020 asset digital.

Melihat statistik yang baik ini maka pada akhir semester 117 diberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang sudah membantu memanfaatkan LMS di UNJ secara optimal.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Totok Bintoro membagikan pengalaman  ketika berkuliah di IKIP Bandung dan mempelajari teori Shulman, yaitu Pedagogical Content Knowledge (PCK).

"Melalui teori ini bersama-sama kita dapat melihat bahwa setiap pembelajaran dan setiap proses belajar perlu dikemas dengan teknologi dan salah satunya adalah melalui Online Learning UNJ ini," ungkap Totok Bintoro.

Kepala LP3M UNJ Prof. Muhammad Zid dalam kesempatan sama menyampaikan, pihaknya awalnya pesimis LMS bisa berjalan sesuai fitrahnya. "Awalnya kami hanya membuat untuk memfasilitasi pembelajaran daring MKU dan MKDK," ungkap Prof. Muhammad Zid.

"Namun alhamdulillah saat ini sudah setiap fakultas dan hampir semua prodi menggunakan LMS UNJ," lanjutnya. Prof. Zid berharap ke depan akan semakin banyak mahasiswa dan dosen memanfaatkan LMS sebagai moda pembelajaran daring.

"Kami berharap semua pihak dapat memanfaatkan LMS dengan baik. Kami juga menyediakan fasilitas seperti ruang studio, ruang podcast, ruang micro teaching, dan ruang smart class sebagai sarana pendukung," jelas Prof. Muhammad Zid.

Baca juga: Paideia Hadirkan Aplikasi LMS Berbasis Kurikulum Karya Anak Bangsa

Sedangkan Cecep Kustandi, Koordinator Pusat Sumber Belajar LP3M UNJ yang juga penanggungjawab pelaksanaan pembelajaran daring di UNJ menyampaikan, pemanfaatan LMS merupakan dasar dan konsekuensi logis perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang implementatif dan konstektual pada saat ini.

"Sebelum tahun 2019 UNJ tidak memiliki LMS terpusat, hampir semua Fakultas dan Program Studi masing-masing memiliki LMS dengan platform yang berbeda," ungkap Cecep Kustandi.

"Mulai tahun 2019 Pusat Sumber Belajar LP3M kemudian mengembangkan LMS UNJ terintegrasi menggunakan platform e-learning berbasis MOODLE yang selanjutnya diluncurkan bulan Mei tahun 2021," lanjut Cecep Kustandi.

Cecep Kustandi menambahkan, pelaksanaan online learning telah berjalan selama pandemi covid-19 melalui pelaksanaan pendekatan blended learning.

"Bukan hanya untuk Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dan Mata Kuliah Dasar Khusus (MKDK) saja tetapi semua mata kuliah pada masing-masing program studi di semua Fakultas dan Pascasarjana," terang Cecep Kustandi.

Penerima penghargaan LMS UNJ Award 2022

Berikut daftar peraih penghargaan LMS UNJ Award 2022:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com