Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kukuhkan 4 Guru Besar, UNJ Tambah 15 Guru Besar Sepanjang 2022

Kompas.com - 20/12/2022, 18:41 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.COM Jelang akhir tahun 2022, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) kembali mengukuhkan empat Guru Besar. Pengukuhan empat Guru Besar UNJ ini dilaksanakan pada Selasa, 20 Desember 2022.

Empat Guru Besar yang dikukuhkan berasal dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), dan Fakultas Ekonomi (FE).

Keempat Guru Besar baru UNJ yang dikukuhkan yakni;

  • Prof. Ari Saptono (FE)
  • Prof. Elindra Yetti (FBS)
  • Prof. Dede Rahmat Hidayat (FIP)
  • Prof. Yuli Rahmawati (FMIPA)

Pengukuhan yang digelar secara luring di Kampus A UNJ, Jakarta (20/12/2022) ini merupakan rangkaian prosesi pengukuhan keenam pada tahun 2022  sehingga dalam rentang tahun 2022, UNJ telah mengukuhkan 15 Guru Besar.

"Pencapaian ini patut kita syukuri bersama dan semoga semakin penguatkan peran UNJ menuju kampus yang bereputasi dan terbaik pada tingkat nasional dan dunia," ujar Prof. Komarudin.

Semoga pengukuhan empat orang guru besar hari ini, lanjut Rektor UNJ, mampu menginspirasi para dosen lainnya untuk segera menjadi guru besar.

"Sebab menjadi guru besar merupakan sebuah keniscayaan bagi kita sebagai seorang dosen atau akademisi, menjadi guru besar tidaklah sukar seperti yang digambarkan. Dengan ikhtiar, konsistensi, dan kontinuitas yang tinggi, Insya Allah jalan menjadi guru besar menjadi mudah," jelas Prof. Komarudin.

Baca juga: Unnes Kukuhkan 5 Guru Besar Baru

"Kegigihan itu ditunjukan oleh Prof. Yuli Rahmawati yang membuktikkan dirinya sebagai professor termuda di UNJ," tutup Prof. Komarudin dalam sambutannya.

Pada kesempatan sama, Ketua Senat UNJ Prof. Hafidz Abbas menyampaikan ucapan selamat kepada para Guru Besar yang baru dikukuhkan atas puncak karier akademiknya. "Semoga ilmunya dapat bermanfaat bagi kemajuan UNJ dan Indonesia.” tutup Prof. Hafidz dalam pidatonya.

Orasi ilmiah Guru Besar

1. Prof. Ari Saptono

Orasi ilmiah pertama Guru Besar UNJ disampaikan Prof. Ari Saptono dengan judul “Model Asesmen Pendidikan Ekonomi di Era Digital”.

Prof. Ari yang dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Pendidikan Ekonomi menjelaskan bahwa Revolusi Industri 4.0 atau juga dikenal sebagai era digital disadari maupun tidak, telah berdampak pada dunia pendidikan, khususnya pada bidang pembelajaran dan asesmennya.

Dari berbagai studi yang ada dan ditekuninya, Prof. Ari kemudian merumuskan model asesmen pendidikan ekonomi yang relevan dengan era digital 4.0, di antaranya: (1) asesmen performance; (2) asesmen penugasan; (3) asesmen praktik; dan (4) asesmen proyek.

Guna mendukung keempat model asesmen tersebut, menurut Prof. Ari ada beberapa platform digital yang sangat relevan dipergunakan diantaranya: (1) Kahoot; (2) AnswerGarden; (3) Socrative; (4) Plickers; dan (5) Platform Google Formulir.

2. Prof. Elindra Yetti

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com