Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Download KIP Kuliah Digital, Mahasiswa Catat!

Kompas.com - 20/12/2022, 17:19 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada 4 langkah untuk mengunduh atau download Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah secara cepat buat mahasiswa

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) memiliki panduan untuk mengunduh KIP Kuliah digital yang bisa langsung digunakan mahasiswa untuk menarik biaya KIP.

Terobosan baru ini, sebagai solusi karena selama ini kartu KIP Kuliah dicetak di bank penyalur sehingga distribusinya kepada mahasiswa terkendala waktu dan tempat.

Baca juga: 7 Dokumen buat Daftar KIP Kuliah, Persiapan Siswa SNPMB 2023

Melalui KIP Kuliah digital, mahasiswa cukup mendapatkan ATM biasa yang dikeluarkan bank penyalur dan untuk kartu KIP Kuliahnya bisa diunduh melalui SIM KIP Kuliah.

Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik), Abdul Kahar mengatakan kartu KIP kuliah selama ini yang merangkap sebagai ATM selalu memiliki beberapa masalah.

Melalui KIP Kuliah Digital, ia mengatakan mahasiswa bisa langsung melakukan pencetakan buku tabungan dan memperoleh langsung ATM untuk menarik dananya, sementara KIP kuliahnya dalam bentuk digital.

“Ini juga berguna untuk meminimalisir pemalsuan-pemalsuan yang sering terjadi pada dokumen-dokumen KIP Kuliah yang sering terjadi," ujarnya.

KIP Kuliah Digital memiliki barcode yang mencantumkan identitas mahasiswa secara lengkap dan terkoneksi dengan sistem di Dukcapil dan Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.

“Dengan sistem seperti ini, akan sulit dipalsukan atau dimanfaatkan secara tidak benar oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab," kata Abdul Kahar.

Baca juga: KIP Kuliah buat SNPMB 2023, Cek Syarat, Cara Daftar bagi Siswa SMA/SMK

Lalu, mahasiswa bisa mengunduh atau download KIP Kuliah Digitalnya? Dikutip dari laman Puslapdik Kemdikbud, ini langkah mendapatkan kartu KIP Kuliah Digital.

Cara pertama

Lakukan login akun KIP Kuliah di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/. Untuk bisa login, masukkan nomor pendaftaran KIP Kuliah dan Kode Akses. Klik tombol ‘Masuk’.

Cara kedua

Setelah berhasil login, di Dashboard, klik menu ‘Penetapan’, selanjutnya klik sub menu ‘Lihat Kartu' yang berwarna hijau di samping informasi nomor KIP Kuliah.

Cara ketiga

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com