Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Guru di Sampit Gabungkan 6 Mapel agar Siswa Mudah Belajar

Kompas.com - 16/12/2022, 14:32 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Mengkolaborasikan sejumlah mata pelajaran tidak hanya bisa membuat murid lebih mudah mengimplementasikan ilmu yang didapat dalam kehidupan sehari-hari, namun juga dalam hal memahami materi.

Inilah upaya yang dilakukan oleh guru-guru di SMA Negeri 1 Mentaya Hilir Utara, Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Enam guru SMA di Sampit tersebut tidak hanya mengintegrasikan muatan lokal ke dalam mata pelajaran, namun juga mengkolaborasikan enam mata pelajaran sekaligus, yaitu matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, pendidikan kewirausahaan, ekonomi, dan biologi.

Baca juga: Kisah Guru Nofri, Rela Tempuh 40 Jam Perjalanan demi Berbagi Ilmu

“Di sekolah kami sebenarnya belum menerapkan Kurikulum Merdeka dan belum tahu akan diterapkan kapan. Tapi kami mau coba belajar mandiri, termasuk melalui program Siap Kurikulum Merdeka ini yang difasilitasi oleh pemerintah provinsi Kalimantan Tengah bersama Yayasan Guru Belajar,” ungkap Nikkon Bhastari, salah satu guru SMA Negeri 1 Mentaya Hilir Utara, dalam keterangan resmi Yayasan Guru Belajar.

Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) sendiri, Kemdikbud Ristek telah memberikan keleluasaan untuk pemerintah daerah agar sekolah bisa memilih cara pembelajaran muatan lokal diterapkan.

Membuat proyek yang dekat dengan kehidupan para siswa

Nikkon menjelaskan, indikator capaian setiap mata pelajaran sebenarnya bisa diintegrasikan.

Pembelajaran kolaboratif, jelas dia, akan memudahkan murid memahami konsep yang dipelajari.

Kolaborasi antara guru mapel ini dimulai dengan berdiskusi tema apa yang bisa dijalankan.

Baca juga: Saat IPA Jadi Pelajaran Favorit Siswa dan Guru Jadi Idola

Keenam guru menyepakati tema proyek menanam jagung karena sekitar sekolah merupakan lahan pertanian. Pasalnya, bercocok tanam adalah hal yang dekat dengan murid.

Selain itu, salah satu guru juga memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang pertanian.

Selanjutnya, masing-masing guru mulai membuat capaian pembelajaran yang disesuaikan dengan tema, seperti misalnya pelajaran matematika belajar menganalisis peluang usaha tanaman jagung. Analisis ini sesuai dengan materi distribusi binomial dan normal.

Murid juga belajar proses ekonomi dari produksi, distribusi, hingga konsumsi pada bisnis tanaman jagung.

Untuk pelajaran biologi, murid belajar mengamati pertumbuhan dan perkembangan tanaman jagung.

“Dengan mengintegrasikan mata pelajaran, materinya jadi lebih fokus. Murid jadi lebih mudah paham. Kalau tidak kolaboratif contohnya bulan Agustus misalnya belajar jagung di pelajaran biologi, baru setelah itu bulan November belajar jagung di matematika. Jadi tidak utuh, sepotong-sepotong,” terang Nikkon saat berbagi pengalamannya ini perayaan belajar Siap Kurikulum Merdeka beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kisah Guru Betty, Raih Penghargaan Internasional karena Empati Tinggi

Tips menerapkan pembelajaran kolaboratif bagi guru

Berdasar pengalaman dan rekan-rekan di sekolahnya, Nikkon membagikan tips apabila guru lain juga ingin menerapkan pembelajaran yang kolaboratif.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com