Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Profesi Paling Dibutuhkan di Era Big Data, Tak Harus Lulusan IT

Kompas.com - 07/12/2022, 09:30 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Revolusi industri 4.0 menjadikan tren penggunaan big data analitik dan ilmu data semakin meningkat.

Adanya perubahan zaman dengan teknologi yang semakin canggih, maka organisasi besar maupun kecil mulai menerapkan big data analitik untuk memanfaatkan volume data agar menjadi sebuah data yang berguna.

Misalnya di industri keuangan, big data analitik sering digunakan untuk mencegah terjadinya penipuan serta menganalisis perilaku pelanggan jika sewaktu-waktu kondisi keuangan berbeda dari biasanya.

Tidak hanya itu, big data analitik juga membantu untuk menganalisis segmentasi pelanggan dengan baik seperti data transaksi pelanggan, data demografi pelanggan. Dengan demikian dapat membantu perusahaan finance dalam kegiatan pemasaran.

Baca juga: Erick Thohir Sebut 9 Pekerjaan Bakal Hilang di 2030, Ada Pekerjaanmu?

Demikian pula di industri kesehatan, big data analitik dapat membantu untuk memprediksi kebutuhan pasien dan juga memberikan kualitas kepada pasien lebih baik dalam membantu mereka pulih dengan cepat.

Menariknya, menurut DQLab Universitas Multimedia Nusantara, "switch career" atau perubahan haluan karier di bidang ini oleh mereka yang tidak memiliki background IT sebelumnya mengalami peningkatan yang signifikan.

Bukan hanya karena karier atau gaji yang menjanjikan, namun juga karena skill di bidang ini bisa diasah melalui beragam pelatihan hingga sertifikasi.

Bagi kamu yang ingin berkarier di bidang big data atau "switch career" ke bidang data, berikut 7 profesi big data yang paling banyak mencari pekerja:

Baca juga: 5 Ciri Kamu Termasuk Orang Cerdas, Bukan Hanya Dilihat dari IQ

1. Data Scientist

Memiliki peran penting dalam menganalisis, menafsirkan hingga melakukan prediksi kumpulan data, membuat seorang Data Scientist memiliki jenjang karier yang cerah di era digital.

Namun, jenjang karier tersebut perlu didukung dengan kompetensi dan skill yang mumpuni.

Kemampuan analisa, statistika, pengetahuan machine learning serta bahasa pemrograman menjadi beberapa skill yang diperlukan oleh seorang Data Scientist.

Jika kamu tidak memiliki background IT, tenang saja! Banyak pelatihan dan workshop secara gratis maupun berbayar yang bisa kamu ikuti untuk mempelajari skill serta kompetensi yang diperlukan.

2. Business Intelligence

Perusahaan wajib untuk melakukan monitor pada setiap bisnis yang dijalankan. Hal itu dilakukan untuk mengukur performa bisnis secara akurat. Di sini peran dari seorang Business Intelligence.

Business Intelligence atau BI merupakan profesi yang mengandalkan data, kemudian menerjemahkannya ke dalam prospek bisnis, perusahaan, atau klien yang menggunakan data tersebut.

Beberapa skill yang perlu dikuasai oleh BI adalah kemampuan analisis data, komunikasi dan pengetahuan bisnis.

Baca juga: 4 Beasiswa S2-S3 Luar Negeri dengan Uang Saku Rp 300 Juta Per Tahun

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com