Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertampang Off Road, Mobil Listrik ITS Ini Sanggup Tempuh Jarak 200 Km

Kompas.com - 29/11/2022, 16:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Banyak hasil karya yang sudah dihasilkan oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Kali ini, ITS meluncurkan mobil listrik multifungsi.

Mobil listrik bernama Multipurpose Electric Vehicle ITS (MEvITS) tersebut terlihat gagah karena bentuknya mirip mobil off road.

Menurut Ketua Tim Pengembangan MEvITS Prof. Dr. Eng. Harus Laksana Guntur, ST., MEng., inovasi tersebut dirancang dan dikembangkan sepenuhnya oleh ITS.

Baca juga: Ini Tips Hadapi Seleksi Wawancara ala Mahasiswa ITS

Bekerja sama dengan beberapa startup ITS, MEvITS menjadi suatu mobil listrik berkonsep pikap yang:

1. tangguh

2. hemat energi

3. elegan

4. stylish

Selain itu, MEvITS diciptakan untuk dapat menjadi kendaraan yang tak hanya digunakan sebagai mobil penumpang, namun juga dapat untuk mengangkut barang.

Mobil ini juga telah didesain untuk dapat menempuh jarak hingga 200 kilometer dan memiliki kecepatan maksimum hingga 100 kilometer per jam.

Diharapkan, mobil listrik ITS tersebut juga dapat dijangkau oleh masyarakat luas.

"Agar harganya terjangkau, kami berusaha menginovasikan mobil dengan daya yang tak terlalu besar," ujarnya dikutip dari laman ITS, Minggu (27/11/2022).

Baca juga: Setelah KTT G20, ITS Tambah 5 Bus Listrik Merah Putih

Dijelaskan, mobil dengan daya 20 kWh ini masih akan terus dilakukan penyempurnaan.

"Dengan semangat real innovation, kami berharap mobil ini dapat menjadi terobosan yang berguna bagi masyarakat," harap dia dengan penuh optimistis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com