Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan Kemanusiaan Cianjur, Untar Gandeng GP Ansor Kirim 100 Tenaga Medis dan Salurkan Bantuan

Kompas.com - 28/11/2022, 20:46 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Tarumanagara (Untar) melalui Fakultas Kedokteran (FK) memberangkatkan 100 tenaga medis untuk menolong korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat. 

FK Untar bekerja sama dengan GP Ansor DKI dan didukung pula Satsuswil Banser Husada DKI Jakarta, Keluarga Alumni Medis Tarumanagara, Indonesia Offroad Federation, Sivali Vishaka, dan Dharmachaka Jaya.

Tim relawan dilepas oleh Dekan FK Untar dr. Noer Saelan Tadjudin serta Ketua PW GP Ansor DKI Jakarta KH. Muhammad Ainul Yakin. 

Sebelumnya, Tim Untar beranggotakan Mahasiswa Hukum Pecinta Alam (Mahupa) dan Mahasiswa Teknik Pecinta Alam (Marsipala) bergerak ke lokasi bencana untuk bergabung dengan Tim Relawan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III (Redi).

Koordinator lapangan dari FK Untar dr. Denny mengatakan tim bekerja sama dengan Alumni dan Barisan Ansor Serbaguna Nahdlatul Ulama (Banser NU) memberi bantuan kepada warga di desa Cibeureum, Cugenang, salah satu lokasi yang paling terkena dampak gempa.

“Bantuan yang diberikan diantaranya obat-obatan, makanan, pakaian, selimut, mainan anak-anak dan tenda. Tim Untar juga direncanakan akan bergerak ke tempat lain yang masih membutuhkan bantuan,” jelasnya.

Pemeriksaan kesehatan, pertolongan darurat, perawatan korban luka termasuk kegiatan memberi hiburan untuk pemulihan trauma kepada anak-anak merupakan bentuk bantuan tim kesehatan Untar yang terdiri atas lima dokter dibantu para mahasiswa FK.

Baca juga: Bantu Korban Gempa Cianjur, UNJ Turunkan Relawan dan Salurkan Bantuan

"Kami turut prihatin atas bencana alam gempa bumi yang melanda daerah Cianjur dan sekitarnya," Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan melalui rilis resmi.

Rektor Untar menegaskan, Untar kembali hadir ke tengah masyarakat sebagai bentuk kepedulian yang membutuhkan bantuan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com