Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakar UGM Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan agar Bumi Tidak Rusak

Kompas.com - 27/11/2022, 11:39 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang melanda berbagai belahan dunia termasuk Indonesia, telah membawa perubahan pada dinamika kehidupan masyarakat.

Salah satunya adalah meningkatnya kesadaran akan gaya hidup sehat dan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan.

Baca juga: Jelang SNPMB 2023, Catat Jadwal Resmi SNBP dan UTBK SNBT 2023

Dikutip dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), derajat kesehatan masyarakat ditentukan oleh 40 persen faktor lingkungan, 30 persen faktor perilaku, 20 persen faktor pelayanan kesehatan, dan 10 persen faktor genetika (keturunan).

Untuk itu, penting bagi kita untuk mulai membangun upaya kolaborasi dan kesadaran dari masing-masing individu, kelompok, hingga dunia bisnis dan industri untuk terus menjaga lingkungan agar dapat memberi dampak yang positif pada kesehatan masyarakat.

Dosen Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan dan Kedokteran Sosial, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyararakat, dan Keperawatan UGM, Bagas Suryo Bintoro Ph.D. mengatakan, semua pihak harus bersama-sama mencegah agar tidak terjadi kerusakan lingkungan yang berdampak pada bumi dan kesehatan masyarakat di masa mendatang.

"Masyarakat harus dapat saling membantu, karena tidak semua elemen masyarakat memiliki resources yang sama untuk mengatasi dampak tidak hanya perubahan iklim saja, tapi juga demi kesehatan masyarakat kedepannya," ucap Bagas dalam keterangannya, Minggu (27/11/2022).

Dukung pembangunan berkelanjutan pemerintah

Kolaborasi bersama dalam meningkatkan kesadaran gaya hidup sehat dan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan. 
DOK. Pribadi Kolaborasi bersama dalam meningkatkan kesadaran gaya hidup sehat dan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan.

Sadar akan kondisi tersebut, Danone Indonesia telah berkomitmen mewujudkan bisnis yang seimbang dan berkelanjutan.

Sesuai dengan visi Danone "One Planet One Health" yang percaya bahwa kesehatan manusia dan kesehatan planet merupakan hal yang saling berkaitan, Danone Indonesia berfokus untuk dapat menghadirkan dampak positif bagi Indonesia melalui strategi bisnis yang berkelanjutan.

Itu juga mendukung target pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang telah ditetapkan pemerintah.

Baca juga: Kasus Polio Muncul, Pakar UGM: Itu karena Vaksinasi Rendah

Corporate Communication Director Danone Indonesia, Arif Mujahidin mengatakan penerapan visi Danone Indonesia, One Planet One Health, yang diterapkan dalam perilaku bisnis ke depannya harus dijadikan prinsip dasar.

"Kita jadi bisa melihat perkembangan kedepannya, mengenai capaian dalam membawa kesehatan ke masyarakat dan berperilaku dalam menjaga kesehatan bumi," tutur dia.

Arif memaparkan, Danone Indonesia terus melakukan inisiatif yang baik melalui kolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya dengan PP Muhammadiyah.

"Kolaborasi dengan PP Muhammadiyah menjadi salah satu bentuk kerjasama yang dilakukan untuk memperluas jangkauan edukasi kesehatan dan lingkungan. Kesempatan ini juga menjadi moment yang tepat bagi Danone Indonesia dan PP Muhammadiyah untuk menggerakkan seluruh elemen masyarakat untuk menerapkan prinsip-prinsip keberlanjutan demi kesehatan diri dan lingkungan," jelas Arif.

Danone Indonesia menjadi salah satu pendukung acara Muktamar Fair dengan melakukan edukasi nutrisi, kesehatan dan lingkungan kepada pengunjung dan kader Muhammadiyah serta menyediakan hingga 50 drop box di titik-titik lokasi pelaksanaan Muktamar Fair.

Ketua Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah, Dr. H. Mohammad Agus Samsudin mengatakan, kolaborasi industri dengan organisasi masyarakat seperti PP Muhammadiyah merupakan langkah positif bagi kebaikan ummat.

"Sistem ini kedepannya memiliki potensi untuk dikembangkan, melalui kolaborasi dengan industri seperti dengan Danone Indonesia. Hal itu sejalan dengan sistem social business yang diterapkan, dimana manfaatnya dikembalikan ke masyarakat," ucapnya.

Baca juga: Ikut SNBP 2023, Ini 5 Persiapan yang Bisa Dilakukan Siswa

Lanjut Agus memaparkan, PP Muhammadiyah dan Danone Indonesia memiliki visi yang sama dalam mengedukasi dan menyadarkan masyarakat mengenai betapa pentingnya peningkatan kualitas lingkungan dan kesehatan.

"Kesamaan visi inilah yang membuat Muhammadiyah dan Danone Indonesia kedepannya akan terus tercipta kolaborasi-kolaborasi untuk generasi di masa yang akan datang," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com