Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa SMA Bisa Ikut Asesmen Bakat Minat BP3 Kemdikbud, Cek Lokasinya

Kompas.com - 23/11/2022, 10:22 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Siswa SMA dan SMK kini bisa mencoba tes atau asesmen bakat dan minat dari Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (BP3 Kemendikbud Ristek). 

Sebagai pelaksana Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023, BP3 Kemendikbud mencoba menggali bakat dan minat siswa untuk memilih jurusan kuliah hingga karier di masa depan. 

Bakat dan Minat digunakan untuk Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) atau Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023.

Termasuk untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang menjadi Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023. 

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Berpeluang Besar Jadi PNS

Tes asesmen bakat dan minat siswa SMA dan SMK ini telah diumumkan oleh BP3 Kemendikbud Ristek melalui akun Instagramnya @bp3_kemdikbud.

"Ada kabar gembira nih untuk kawan-kawan di jenjang SMA/SMK kelas XII khususnya yang berada di Provinsi D.I. Yogyakarta, Provinsi Gorontalo, Provinsi Jawa Barat (Kota Bogor, Kota Depok dan Kota Bekasi). BPPP Kemendikbudristek akan memberikan layanan asesmen bakat dan minat," tulis BP3_Kemdikbud.

Kepala Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Rahmawati mengatakan, tes untuk mengenali bakat dan minat sangat penting dilakukan siswa SMA atau SMK.

"Setiap peserta didik dapat menggunakan hasil asesmen bakat dan minat untuk memaksimalkan potensi serta menavigasi arah karier siswa di masa depan" kata dia.

Baca juga: Rekomendasi Jurusan Kuliah dari Tes Kepribadian MBTI, Kamu Tipe Apa?

5 lokasi asesmen bakat dan minat siswa SMA, SMK

Asesmen bakat dan minat yang dilaksanakan BP3 Kemendikbud RIstek ini dilakukan 5 kota dan provinsi dengan jumlah siswa sebesar 72.989 dari 645 sekolah. Berikut daftar wilayah asesmen bakat dan minat BP3 Kemendikbud:

1. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Provinsi Gorontalo

3. Kota Bogor

4. Kota Depok

5. Kota Bekasi


Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com