Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanamkan Budaya Penelitian, Mendikbud Nadiem Resmi Buka OPSI 2022

Kompas.com - 22/11/2022, 13:28 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia atau OPSI 2022 jenjang SMP/MTs dan SMA/MA kembali digelar. Pembukaan OPSI secara resmi diselenggarakan pada Senin, 21 November 2022 secara daring dan akan berlangsung hingga 26 November 2022.

OPSI yang digelar Kemendikbud Ristek melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bertujuan menanamkan budaya meneliti di kalangan siswa.

“Perjalanan yang telah adik-adik tempuh untuk sampai ke tingkat nasional, bukanlah perjalanan yang mudah," ungkap Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam pembukaan acara OPSI.

"Saya ingin adik-adik selalu ingat, setiap proses yang dilalui adalah pembelajaran sesungguhnya, bukan sekedar predikat sebagai juara,” tambah Mas Menteri.

Nadiem mengingatkan, sesungguhnya hasil dari kompetisi ini bukanlah hal terpenting, melainkan sebuah proses yang dijalani para peserta menjadi sebuah pembelajaran yang berharga.

Seluruh tahapan penilaian dinilai juri yang berasal dari unsur Badan Riset dan Inovasi Indonesia (BRIN) dan perguruan tinggi.

Untuk jenjang SMP/MTs, seleksi OPSI dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap seleksi administrasi, tahap penilaian naskah penelitian, dan presentasi naskah penelitian di tingkat nasional.

Jumlah naskah penelitian yang terunggah adalah sebanyak 1.007 naskah. Dari jumlah naskah tersebut, sebanyak 120 finalis terpilih untuk mengikuti penilaian presentasi naskah penelitian di tingkat nasional.

Untuk jenjang SMA/MA tahap pertama adalah review proposal. Adapun jumlah proposal terdaftar sejumlah 2.971 proposal penelitian terdaftar dari seluruh Indonesia.

Baca juga: Puspresnas: Jumlah Siswa di Olimpiade Sains Nasional 2022 Meningkat 2 Kali Lipat

 

Sebelum direview dewan juri, dilakukan seleksi administrasi di mana sebanyak 2.298 proposal penelitian lolos seleksi. Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.166 naskah lanjut ke tahap penyusunan naskah penelitian. 

Dari naskah yang terunggah, terpilih 100 naskah penelitian untuk mengikuti tingkat nasional.

Total keseluruhan peserta yang mengikuti final adalah 185 finalis OPSI SMA/MA dari 70 SMA, 30 MA, dan 305 finalis OPSI SMP/MTs dari 105 SMP, 16 MTS dan 3 SILN SMP. Keseluruhan peserta akan mengikuti seleksi tahap akhir yaitu Seleksi Pameran, Presentasi, dan Wawancara.

Seluruh finalis tersebar di tiga bidang lomba, untuk jenjang SMP/MTs yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan, dan Budaya; Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan; dan Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa.

Tiga bidang lomba jenjang SMA/MA meliputi Matematika, Sains, dan Teknologi; Fisika, Terapan, dan Rekayasa; dan Ilmu Sosial dan Humaniora.

Peran sekolah dan keluarga

Dalam kesempatan sama, Plt. Puspresnas dan Kepala BPTI, Asep Sukmayadi menyampaikan, dalam OPSI 2022 juga akan digelar Expo OPSI secara virtual menangkat tema “Gerbang Imajinasi Tanpa Batas".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com