Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah Gratis, Cek 6 Beasiswa S1-S3 2023 Pendaftaran November-Januari

Kompas.com - 22/11/2022, 08:55 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi


KOMPAS.com – Ada beragam pilihan beasiswa ke luar negeri untuk jenjang S1, S2, dan S3 yang masih tersedia untuk tahun ajaran 2023. Beberapa negara memberikan kesempatan beasiswa bagi pelajar internasional dengan manfaat yang berbeda-beda, tergantung program beasiswa yang dipilih.

Bagi kamu yang berniat untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, beragam peluang beasiswa ini patut kamu coba.

Berikut ini 6 jenis beasiswa penuh dari jenjang S1, S2, dan S3 yang bisa kamu daftar di bulan November 2022 hingga Januari 2023:

Baca juga: Kota Pelajar Terbaik di Asia dan Rekomendasi Kampusnya

1. Lester B. Pearson International Scholarship-University of Toronto, Kanada

University of Toronto (U of T) Kanada melalui beasiswa internasional Lester B. Pearson memberikan kesempatan bagi siswa internasional, termasuk dari Indonesia, yang berprestasi untuk belajar di salah satu universitas terbaik dunia.

U of T sendiri memiliki sekitar 700 program studi (prodi) S1 yakni dalam bidang Humaniora & Ilmu Sosial, Ilmu Hayati, Ilmu Fisika & Matematika, Perdagangan & Manajemen, Ilmu Komputer, Teknik, Kinesiologi & Pendidikan Jasmani, Musik, dan Arsitektur.

Lester B. Pearson menyediakan beasiswa untuk jenjang S1 dari berbagai prodi yang disediakan oleh U of T. Beasiswa yang diberikan mencakup biaya kuliah, buku, biaya tak terduga, dan dukungan tempat tinggal penuh selama empat tahun dan menjalani kuliah di University of Toronto.

Batas pendaftaran sebelum 30 November 2022

Untuk informasi lebih lanjut di laman https://future.utoronto.ca/pearson/about/

Baca juga: 20 Jurusan Ekonomi dan Akuntansi Terbaik di Indonesia, Catat Kampusnya

2. MEXT Graduate School of Engineering-Osaka University, Jepang

Osaka University, Jepang melalui beasiswa internasional MEXT Graduate School of Engineering memberikan kesempatan bagi pelajar internasional, termasuk dari Indonesia, yang berprestasi untuk belajar di Universitas Osaka.

MEXT sendiri merupakan singkatan dari The Ministry of Education, Culture, Sports, Science and Technology of the Japanese Government, yang artinya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Pemerintah Jepang.

Beasiswa MEXT Graduate School of Engineering diberikan kepada mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang S2 dan S3. Beberapa jurusan yang dapat dipilih yakni Department of Materials Engineering Science, Department of Mechanical Science and Bioengineering, dan Department of Systems Innovation.

Cakupan beasiswa yang diberikan berupa biaya kuliah, biaya tiket pesawat, dan tunjangan pendidikan.

Baca juga: Uang Saku Di Atas Rp 10 Juta Per Bulan, Daftar 10 Beasiswa S1-S2 Ini

Batas pendaftaran sebelum 28 November 2022

Untuk informasi lebih lanjut di laman https://www.es.osaka-u.ac.jp/en

3. Richmond Scholars Program-Richmond University, Amerika Serikat

University of Richmond memberikan program beasiswa Richmond kepada mahasiswa internasional, termasuk Indonesia untuk menimba ilmu S1 di Universitas Richmond, Virginia, Amerika Serikat khusus bidang Seni.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com