Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Visiting Professor PresUniv, Prof. Kim Perkenalkan Konsep "Humane Entrepreneurship"

Kompas.com - 19/11/2022, 16:56 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Prof. Ki-Chan Kim, Professor of Management di Catholic University of Korea, Korea Selatan, dan Distinguished Professor di George Washington University, Amerika Serikat, selama enam bulan ke depan akan menjadi visiting professor di President University (PresUniv).

Sebagai visiting professor, Kim akan memberikan kuliah, menjadi mentor, dan membagikan pengalamannya ke segenap civitas academica di lingkungan Presuniv.

Rektor Presuniv Prof. Chairy melalui rilis resmi (19/11/2022) menyambut baik kehadiran Kim sebagai visiting professor.

“Hadirnya Prof. Kim tentu akan semakin memperkuat iklim internasional yang sudah terbentuk di Presuniv. Selain itu, saya juga berharap Prof. Kim dapat mendorong Presuniv meningkatkan kegiatan penelitian dalam bidang manajemen dan entrepreneurship,” ungkap Prof. Chairy.

Priof. Chairy menambahkan, selain akademisi, Prof. Kim banyak memberikan saran dan masukkan bagi sejumlah perusahaan rintisan (startup), pebisnis skala kecil dan menengah, serta perusahaan multinasional, seperti Samsung Electronics dan Hyundai Motors.

“Prof. Kim banyak memberikan saran kepada perusahaan-perusahaan tersebut tentang bagaimana cara membangun model bisnis dan ekosistem yang berkelanjutan. Konsep semacam ini bukan hanya menarik untuk dipelajari, tetapi juga sangat bisa diterapkan,” kata Prof. Chairy.

Saat ini Prof. Kim juga menjabat sebagai Chairman Innovation Economy Division di National Economic Advisory Council (NERC), lembaga yang langsung bernaung di bawah Presiden Korea Selatan.

Selain itu Prof. Kim juga menjadi President International Council for Small Business (ICSB). Selama memimpin ICSB, Prof. Kim menekankan betul pentingnya kepuasan kerja bagi para karyawan yang bekerja di perusahaan skala kecil dan menengah.

Berkat lobi dan inisiatif Kim, bersama dengan jejaringnya di ICSB, Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) akhirnya menetapkan 27 Juni sebagai Hari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sedunia.

Baca juga: Profesor University of York Jadi Dosen Tamu The Eurasia Course XI FIS UNJ

Sebagai akademisi, Prof. Kim juga melakukan penelitian untuk menemukan keterkaitan antara tingkat kepuasan kerja karyawan dengan komitmennya terhadap produk.

Hasilnya? Prof. Kim menemukan hubungan yang tak terbantahkan antara tingkat kepuasan kerja karyawan dengan komitmennya terhadap produk. Semua itu pada akhirnya membentuk dedikasi karyawan yang sangat kuat terhadap perusahaan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com