Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menteri Nadiem: 250.000 Mahasiswa Telah Ikuti Program Kampus Merdeka

Kompas.com - 17/11/2022, 20:31 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbu Ristek), Nadiem Makarim dalam kunjungan pertamanya ke Kota Padang berdialog dengan civitas akademika dari 22 perguruan tinggi dan perguruan tinggi vokasi se-Sumatra Barat, baik negeri maupun swasta.

Bertempat di Universitas Negeri Padang (UNP), Nadiem menyebut berbagai capaian serta dampak positif program-program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

MBKM diluncurkan pada Januari 2020 sebagai episode kedua Merdeka Belajar, tepat tiga bulan saat Menteri Nadiem menjabat.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

"Merdeka Belajar Kampus Merdeka sudah bukan sekadar kebijakan, tapi sudah jadi gerakan," ujar dia di Padang, Kamis (17/11/2022).

Dia mengaku, sebanyak 179.000 mahasiswa dari Sabang sampai Merauke telah mengikuti program yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek.

Sementara itu, sebesar 250.985 mahasiswa telah mengikuti program Kampus Merdeka yang diselenggarakan oleh kampus.

"Jika dalam kurun waktu dua tahun sejak kebijakan ini diluncurkan saja kita semua sudah membuktikan adanya dampak yang luar biasa, saya yakin kita semakin mampu berkolaborasi untuk menciptakan prestasi-prestasi yang lebih hebat," ucap dia dengan optimis.

Tercatat ada 3.499 mahasiswa peserta MBKM asal Sumatera Barat. 3.194 di antaranya berasal dari Kota Padang.

Rektor UNP, Prof. Ganefri menyatakan kepada para peserta (mahasiswa) tentu tidak mau jadi pengikut saja.

"Tentunya, kita maunya jadi pemenang. Harus seperti Mas Menteri yang berpikir tentang masa depan. Menurut saya Mas Menteri ini fenomenal. Kita sudah merasakan dampaknya melalui kebijakan dan program-program MBKM," sebut dia

"Program MBKM ini harus kita kawal bersama. Harus kita tata terus. Karena program MBKM ini baik," lanjutnya.

Pada kesempatan ini, Mendikbud Ristek mengapresiasi kepesertaan civitas akademika Sumatra Barat dalam program-program MBKM.

"Terima kasih kepada para civitas akademika perguruan tinggi dan perguruan tinggi vokasi Sumatra Barat yang terus berupaya meruntuhkan sekat dengan institusi-institusi di luar kampus dan mendukung para mahasiswa untuk mencari potensi terbaiknya," ucap Menteri Nadiem.

Baca juga: 9 Jurusan Kuliah Paling Bahagia untuk Mahasiswa, Ada Incaranmu?

Ada enam program Kampus Merdeka, yakni Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka, Wirausaha Merdeka, dan Praktisi Mengajar.

"Saya mendorong pelaksanaan Kampus Merdeka Mandiri di seluruh perguruan tinggi agar berjalan secara optimal dan berkesinambungan," tutup Mendikbud Ristek.

Laporan evaluasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka di tahun 2021 menunjukkan bahwa mahasiswa peserta memiliki tingkat kepuasan yang tinggi terhadap program-program MBKM.

Baca juga: 6 Ilmuwan Indonesia yang Diakui Dunia, Ada Alumnus ITB

Sebanyak 93,7 persen mahasiswa peserta program Kampus Mengajar merasa puas dengan pengalaman menjalankan program tersebut, dan 94,3 persen merasa bahwa program ini patut direkomendasikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com