Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dihadiri 2.985 Atlet Mahasiswa, Nadiem Resmi Buka Pomnas Ke-17

Kompas.com - 17/11/2022, 11:34 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek), Nadiem Makarim membuka Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) ke-17 tahun 2022 di Universitas Negeri Padang (UNP), Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), pada Kamis (17/11/2022).

Setidaknya ada 2.985 atlet mahasiswa yang datang dari 408 perguruan tinggi yang akan bertanding dalam Pomnas ke-17.

Baca juga: 9 Jurusan Kuliah Paling Bahagia untuk Mahasiswa, Ada Incaranmu?

Nadiem menekankan perlunya memfasilitasi bakat dan minat mahasiswa di bidang olahraga sebagai upaya menghadirkan generasi muda yang kompetitif, serta berjiwa kolaboratif dan kreatif dalam berkarya dan berprestasi.

"Kita harus selalu ingat bahwa mahasiswa di seluruh Indonesia berhak untuk mengembangkan bakat dan minatnya, termasuk di bidang olahraga. Karena itulah kegiatan kompetisi olahraga seperti Pomnas penting sekali untuk mendorong kolaborasi lintas sektor dan membangkitkan semangat generasi muda kita untuk berkarya dan berprestasi," kata dia.

Tema Pomnas tahun 2022 adalah "Wujudkan Talenta Mahasiswa Unggul menuju Indonesia Emas, dengan moto Hebat, Bersahabat, Terhormat".

Peserta Pomnas ke-17 adalah utusan dari 34 Pengurus Provinsi Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) seluruh Indonesia.

Lanjut Nadiem menyampaikan apresiasi atas kesungguhan pihak penyelenggara untuk mewujudkan Pomnas ke-17.

"Saya ucapkan selamat bertanding kepada seluruh atlet peserta Pomnas dan saya mengapresiasi seluruh jajaran Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Andalas (Unand), Politeknik ATI Padang, Dispora Sumbar, serta seluruh organisasi atas kolaborasi dan kerja kerasnya menyelenggarakan kegiatan ini," ucapnya.

Menurut Nadiem, menyelenggarakan agenda semasif Pomnas, bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Selain membutuhkan kerja keras, dibutuhkan pula komitmen dan daya tahan yang luar biasa dari pihak penyelenggara.

Ke depan, dia berharap, Pomnas dapat terselenggara lebih meriah dan melibatkan lebih banyak pihak untuk berkolaborasi termasuk melibatkan makin banyak peserta mahasiswa.

Baca juga: 10 Bahasa Korea yang Masuk KBBI, Ada Oppa dan Kimci

"Terus menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas. Sebab prestasi yang sesungguhnya bukan dinilai dari medali yang adik-adik dapatkan, tetapi dari komitmen untuk berkompetisi secara sehat dan jujur, juga tekad untuk menjadi Pelajar Pancasila yang cerdas, sehat, dan berkarakter," ucap Menteri Nadiem.

Gubernur Sumbar, Mahyedi Ansharullah menyampaikan rasa bangganya karena dengan adanya Pomnas ke-17 yang menghadirkan seluruh mahasiswa dari seluruh provinsi di Indonesia, dapat menjadi bagian yang akan membangkitkan perekonomian di Sumbar.

"Kami harap kepada para pelaksana kegiatan dan masyarakat dapat menyambut dan melayani para peserta dan timnya dengan baik sehingga para tamu yang berkunjung ke Sumbar dapat memberikan testimoni positif. Silakan pengalaman yang baik dapat disampaikan kepada lebih banyak orang lain," tutur dia.

Pomnas, kata Gubernur Sumbar, dapat memberi semangat dan peluang pengembangan kompetensi keolahragaan baik di tingkat lokal maupun nasional.

"Semoga penyelenggaraan acara ini dapat meningkatkan motivasi para atlet untuk meraih prestasi yang semakin gemilang," ucap dia.

Rektor UNP, Prof. Ganefri menambahkan, pihaknya berupaya untuk meningkatkan kualitas pertandingan pada event Pomnas ke-17.

Baca juga: 6 Ilmuwan Indonesia yang Diakui Dunia, Ada Alumnus ITB

"Untuk pertama kalinya penyenggaraan Pomnas melibatkan lembaga Indonesia Anti Doping Organization (IADO) dan menggunakan sarana prasarana sesuai dengan standar nasional cabang olahraga," tukas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com