Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BUMN Ini Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Jawa hingga Sulawesi

Kompas.com - 15/11/2022, 18:14 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu perusahaan BUMN, yakni PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melalui Program SIG Cerdas turut dalam upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Pada periode Januari hingga Oktober 2022, SIG telah menyalurkan bantuan pembangunan sarana dan prasarana penunjang pendidikan senilai Rp 2,24 miliar yang tersebar di beberapa kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Sumatera Barat dan Sulawesi Selatan.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Gampang Dapat Kerja di Era Revolusi Industri 4.0

Corporate Secretary SIG, Vita Mahreyni mengatakan, SIG sebagai perusahaan BUMN berkomitmen untuk terus berkontribusi upaya peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia yang diwujudkan melalui pemberian bantuan sarana dan prasarana pendidikan.

"Kami berharap, bantuan ini dapat menunjang siswa dalam kegiatan pembelajaran untuk menyiapkan masa depan yang lebih baik. Ini adalah wujud kontribusi kami untuk memberikan manfaat kepada masyarakat melalui program-program yang berkelanjutan dan mempunyai dampak positif ke depan," ujar Vita Mahreyni dalam keterangannya, Selasa (15/11/2022).

Salah satu penerima bantuan di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Suryadi yang merupakan ketua panitia pembangunan Ponpes Raudlatul Ulum menyampaikan terimakasih atas bantuan pembangunan Aula dari SIG.

Menurut dia, lembaga pendidikan Ponpes Raudlatul Ulum membutuhkan ruang pertemuan.

Terlebih pondok pesantren yang memiliki 250 santri tersebut merupakan ketua majelis sholawat di Kabupaten Situbondo.

"Dengan adanya bantuan pembangunan Aula berukuran 11 x 7,2 meter, nantinya akan digunakan untuk rapat pengurus atau kegiatan santri lainnya. Terima kasih kepada SIG yang menaruh perhatian besar pada peningkatan kualitas pendidikan, kami berharap BUMN bisa selalu mendukung pengembangan pesantren seperti ini," ungkap dia.

Bantuan sarana dan prasarana pendidikan yang telah tersalurkan

Di Jawa Timur, bantuan diberikan di Kabupaten Situbondo, Lumajang, Sumenep dan Pamekasan.

Bantuan di Kabupaten Situbondo diberikan kepada Pondok Pesantren Raudlatul Ulum untuk pembangunan aula, bantuan juga diberikan kepada Pondok Pesantren Minhaju Al Ihtida’ untuk pembangunan pagar beton.

Bantuan di Kabupaten Lumajang diberikan kepada Yayasan Nurul Islam untuk pembangunan lapangan futsal, bantuan di Kabupaten Sumenep diberikan kepada Yayasan Ridlwan untuk revitalisasi ruang kelas, sedangkan bantuan di Kabupaten Pamekasan diberikan kepada MDTW Al Hasani.

Baca juga: 3 Sekolah Kedinasan Polri, Terbuka bagi Lulusan Sarjana dan SMA

Di Jawa Tengah, bantuan diberikan di Kabupaten Klaten, Sukoharjo dan Cilacap. Bantuan di Kabupaten Klaten diberikan untuk pembangunan Yayasan Amanah Baitur Rosyid, dan TPA Miftahul Jannah, di Kabupaten Sukoharjo bantuan diberikan untuk pembangunan SDIT Bina Insan Luhur.

Sedangkan di Kabupaten Cilacap bantuan diberikan kepada Pondok Pesantren Nihaadlil Muta’Alimin, Pondok Pesantren Miftahul Hikam, dan Pondok Pesantren Roudlotul Qur’an untuk pembangunan asrama.

Lalu bantuan juga diberikan kepada Madin Riyadhul Ulum, Madin At Taubah, MI Ma’arif Gentasari, Madin Al Hikmah untuk revitalisasi serta pembangunan ruang kelas baru.

Di Kabupaten Bogor Jawa Barat, bantuan diberikan kepada Pondok Pesantren Durul Wafa dan Yayasan Islam Taufiqul Atfal, untuk untuk pembangunan ruang kelas.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com