Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukung Pembelajaran Mahasiswa, Penerima KIP Kuliah UGM Dipinjami Laptop

Kompas.com - 12/11/2022, 10:37 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Sebagai bentuk komitmen universitas pada penerima KIP Kuliah, Universitas Gadjah Mada (UGM) memberikan bantuan berupa peminjaman laptop pada mahasiswa.

Ada sebanyak 91 mahasiswa aktif dari program S1 dan D4 yang lolos proses seleksi dan mendapat bantuan tersebut.

Penyerahan bantuan itu diserahkan oleh Wakil Rektor UGM Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Alumni UGM, Dr. Arie Sujito, S.Sos., M.Si., di Gedung Pusat UGM, Jumat (11/11/2022).

Baca juga: Peneliti UGM Terima Penghargaan Habibie Prize Bidang Kedokteran dan Bioteknologi

Menurut Arie Sujito, layanan peminjaman laptop ini diberikan bagi 91 mahasiswa aktif S1 dan D4 yang memiliki keterbatasan ekonomi dan belum memiliki laptop, terutama para penerima beasiswa KIP Kuliah.

"Secara simbolis Direktorat Kemahasiswaan mewakili universitas menyerahkan bantuan peminjaman laptop dengan spirit tanggung jawab universitas, agar mahasiswa menjalani studi dengan baik dan lancar," ujar Ari dikutip dari laman UGM.

Komitmen UGM dukung pembelajaran mahasiswa

Dikatakan, pihaknya menyadari bahwa di era digital laptop menjadi salah satu kebutuhan utama mahasiswa dalam menjalani studi di perguruan tinggi.

Untuk itu, UGM memberikan layanan ini sebagai salah satu bentuk komitmen dalam mendukung pembelajaran mahasiswa.

"Kami tidak ingin mahasiswa kesulitan. Zaman saya tidak ada mahasiswa punya laptop, dan memang cara komunikasi tidak menggunakan alat yang canggih seperti sekarang. Tapi saat ini mau tidak mau alat ini menjadi prioritas," terangnya.

Baca juga: RSA UGM Kembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro

Adapun pendaftaran penerima bantuan peminjaman laptop dibuka Direktorat Kemahasiswaan UGM tanggal 31 Oktober lalu, dengan total jumlah pendaftar sebanyak 297 orang.

Sedang penerima bantuan yang terpilih melalui proses seleksi sebanyak 91 orang. Ia berharap, bantuan sarana ini membuat mahasiswa memiliki kualitas pembelajaran yang lebih baik.

"Semua bisa dipinjamkan laptop, tapi karena keterbatasan sumber daya kita seleksi dulu. Bukan berarti kita mengabaikan yang lain. Semoga hal ini bisa memudahkan teman-teman untuk bisa produktif berkarya dan punya komitmen untuk menyelesaikan pendidikan dengan baik," harap Arie.

Bantuan sangat bermanfaat bagi mahasiswa

Salah satu mahasiswa Fakultas Teknik Angkatan 2018, Cosmos Dimara menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan sesuatu yang sudah lama ia butuhkan. Dan tentunya akan sangat membantu dirinya yang saat ini tengah mengerjakan tugas akhir.

"Beberapa bulan lalu saya mengalami kerusakan laptop, sehingga saya sering harus ke warnet dan ke kampus untuk mengerjakan tugas. Saya sering menanyakan ke Ditmawa apakah bisa meminjam laptop. Ini adalah sesuatu yang menjadi harapan saya," ucapnya.

Mahasiswa baru Sekolah Vokasi UGM, Oktavia Mega Puspita juga merasa senang karena bisa mendapat bantuan peminjaman laptop tersebut.

Baca juga: Setahun Belum Dapat Momongan karena Infertilitas? Dosen UGM: Ini Penanganannya

"Saya senang bisa mendapat pinjaman laptop, karena saya dari keluarga kurang mampu dan tidak ada dana untuk membeli laptop," tuturnya.

"Ini menjadi satu hal yang bisa meningkatkan semangat belajar, saya jadi tidak minder dengan teman-teman lainnya," ungkap Oktavia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber UGM


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com