Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UI Masuk Kampus Terbaik Asia QS AUR 2023, Ada Kampusmu?

Kompas.com - 10/11/2022, 10:58 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Universitas Indonesia (UI) berhasil menduduki peringkat 1 di Indonesia berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Rankings 2023.

Untuk level Asia Tenggara, UI berada di urutan ke-10 Indonesia dan peringkat 49 di Asia.

Rektor UI, Ari Kuncoro mengatakan bahwa dari sisi kinerja dalam QS Asia University Rankings, UI mengalami peningkatan peringkat secara signifikan dari 56 pada tahun 2022 menjadi 49 pada tahun 2023.

“Ini merupakan sebuah capaian membanggakan yang diraih Universitas Indonesia, memosisikan diri sebagai universitas teratas di Indonesia,” ujar Prof. Ari.

Baca juga: UI Jadi Tuan Rumah QS Higher Ed Summit Asia Pacific 2022

QS sendiri melakukan penilaian berdasarkan pengakuan akademis dan pemberi kerja, penelitian, sumber daya, dan internasionalisasi.

Metodologi yang digunakan untuk membuat peringkat QS Asia University Rankings serupa dengan yang digunakan untuk QS World University Rankings, dengan beberapa indikator tambahan dan bobot yang disesuaikan.

Adapun penilaian QS Asia University Rankings 2023 berdasarkan 11 indikator yakni academic reputation, employer reputation, Faculty/student ratio, international research network, citations per paper and papers per faculty, staff with a PhD, proportion of international faculty and proportion of international students, dan proportion of inbound exchange students and proportion of outbound exchange students.

QS Asia University Rankings 2023 sendiri melakukan penilaian terhadap 760 universitas.
UI dinilai sebagai institusi terkemuka yang dianggap baik oleh akademisi dan pengusaha internasional. QS menilai kinerja UI yang baik dalam indikator pertukaran pelajar inbound dan outbound.

Baca juga: Hanya 20 dari 4.500 Kampus Indonesia Masuk Ranking Dunia, Ini Kata Kemendikbud

Ada lima universitas di Indonesia yang termasuk 100 besar Asia dalam indikator Reputasi Akademik, berdasarkan survei QS terhadap lebih dari 151.000 akademisi internasional.

Dalam indikator Reputasi Akademik, Universitas Gadjah Mada menempati peringkat ke-39 secara regional dalam indikator ini, diikuti oleh UI di peringkat 41, Institut Teknologi Bandung (45), Universitas Airlangga (62), dan Institut Pertanian Bogor (91).

Untuk Indikator Reputasi Pemberi Kerja, ada empat universitas di Indonesia termasuk di antara 50 besar Asia, berdasarkan survei QS terhadap lebih dari 99.000 pemberi kerja internasional.

UI menempati peringkat ke-40 secara regional dalam indikator ini, disusul oleh Universitas Airlangga di peringkat 46, Universitas Gadjah Mada (47), dan Institut Teknologi Bandung (45).

Dalam ukuran produktivitas penelitian QS, makalah per Fakultas dan dampak penelitian Kutipan per Makalah, hanya UI yang muncul di antara 150 besar Asia dalam indikator Jaringan Riset Internasional QS ukuran kerja sama penelitian dan tidak ada universitas di Indonesia di antara 300 teratas regional.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 di Sydney Australia 2023, Uang Saku Rp 50 Juta

Pada indikator Inbound Exchange Students, tujuh dari 100 universitas top Asia dipimpin oleh UI, yang menempati peringkat ke-25 secara regional.

Untuk indikator Outbound Exchange Students, tiga dari 20 institusi teratas Asia adalah Indonesia yakni Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS Surabaya), Universitas Indonesia, dan Universitas Bina Nusantara (BINUS).

PTN terbaik versi QS AUR 2023

Berikut 22 PTN terbaik di Indonesia versi QS AUR 2023 yang bisa menjadi referensi mengikuti Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2023:

1. Universitas Indonesia (UI)

Peringkat di Asia: 49

2. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Peringkat di Asia: 56

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com