Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkat Tema “Agility Beyond Challenges”, Podomoro University Lepas 290 Wisudawan

Kompas.com - 06/11/2022, 20:02 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Podomoro University menggelar wisuda bagi 290 lulusan dari delapan program studi pada Sabtu, 5 November 2022 di Jakarta. Wisuda Podomoro University tahun ini mengangkat tema “Agility Beyond Challenges”.

Para wisudawan berasal dari delapan program studi yakni; Wirausaha, Bisnis Perhotelan, Hukum Bisnis, Akuntansi, Arsitektur, Perencanaan Wilayah Kota, Desain Produk dan Manajemen Rekayasa Konstruksi.

Rektor Podomoro University, Bacelius Ruru menjelaskan, tema “Agility Beyond Challenges” dipilih sebagai bentuk apresiasi kerja keras mahasiswa, dengan dukungan orangtua dan segenap sivitas akademika, mampu mengatasi tantangan dan kondisi pandemi Covid-19.

"Para lulusan telah ditempa untuk lincah (agile) dan mampu beradaptasi dengan keadaan, serta tetap memberikan karya terbaiknya," tegas Bacelius Ruru.

"Hal ini tercermin dari penyerapan industri di mana hampir separuhnya telah langsung diterima bekerja, termasuk di manca negara, dan sebagian terjun membuka lapangan kerja sebagai entrepreneur di berbagai bidang bisnis," tambah Rektor Podomoro University.

Podomoro University menggelar wisuda dengan tema Agility Beyond Challenges bagi 290 lulusan dari delapan program studi pada Sabtu, 5 November 2022 di Jakarta.DOK. KOMPASCOM/YOHANES ENGGAR Podomoro University menggelar wisuda dengan tema Agility Beyond Challenges bagi 290 lulusan dari delapan program studi pada Sabtu, 5 November 2022 di Jakarta.

Rektor mengungkapkan, 36 persen lulusan tahun ini telah terserap oleh industri besar nasional dan satu persen terserap di perusahaan internasional. Sebanyak 13 persen lulusan juga telah merintis karier entrepreneursip melalui bisnis yang mereka miliki dan empat persen lainnya melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

Dalam kesempatan sama, Bacelius Ruru juga menyampaikan berbagai pencapaian Podomoro University, di antaranya Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi yang berhasil meraih predikat Baik Sekali.

"Akreditasi Baik Sekali juga diraih oleh Prodi Arsitektur, Kewirausahaan, dan Manajemen Rekayasa Konstruksi," lanjutnya.

Rektor Universitas Podomoro juga menegaskan, Podomoro University di usia yang sangat muda mampu bersaing  dengan meraih berbagai hibah dan penghargaan, termasuk mendukung program pemerintah di bidang kewirausahaan seperti KBMI, KMI Expo, P2MW, PPK Ormawa maupun mendukung SMK PK dan merdeka belajar seperti KMMI.

"Juga membanggakan di mana siswa Podomoro terpilih ikut serta dalam program Indonesian International Student Mobility Awards, ke manca negara," ungkap Bacelius Ruru.

Baca juga: [POPULER EDUKASI] Rektor UGM Wisuda Putrinya yang Lulus IPK 4 | Pekerjaan Paling Banyak Dicari

Rektor Podomoro University dalam sambutannya juga mempertegas komitmen Universitas untuk terus menjalin berbagai kerjasama Internasional maupun Nasional dengan industri, pemerintah, masyarakat dan civitas akademika dalam bidang Tridharma maupun dukungan industri.

Podomoro University menggelar wisuda dengan tema Agility Beyond Challenges bagi 290 lulusan dari delapan program studi pada Sabtu, 5 November 2022 di Jakarta.DOK. KOMPASCOM/YOHANES ENGGAR Podomoro University menggelar wisuda dengan tema Agility Beyond Challenges bagi 290 lulusan dari delapan program studi pada Sabtu, 5 November 2022 di Jakarta.

Pesan menjadi manusia pembelajar

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III DKI Jakarta, Paristianti Nurwardani dalam sambutan yang dibacakan, mengapresiasi para lulusan Podomoro University yang juga cukup banyak memenangkan kompetisi.

Ia menitipkan pesan agar para lulusan menjadi manusia pembelajar yang terus semangat tiada henti untuk belajar, meningkatkan diri dan berkontribusi pada bangsa.

"Hal ini diperlukan agar terciptanya lulusan perguruan tinggi yang berkompeten dan mampu bersaing secara global. Kami titipkan nama besar Universitas Podomoro ini dengan berdedikasi, serta memiliki kedisplinan dan tanggungjawab untuk mengembangkan kampus," pesannya.

"Gapai prestasi dan jadilah sumber daya yang membanggakan untuk kampus, bangsa dan negara," tambahnya lagi.

Podomoro University menggelar wisuda dengan tema Agility Beyond Challenges bagi 290 lulusan dari delapan program studi pada Sabtu, 5 November 2022 di Jakarta.
DOK. KOMPASCOM/YOHANES ENGGAR Podomoro University menggelar wisuda dengan tema Agility Beyond Challenges bagi 290 lulusan dari delapan program studi pada Sabtu, 5 November 2022 di Jakarta.

Baca juga: Wisuda Ke-17 PresUniv, Rektor Dorong Lulusan Hasilkan Karya Berdampak

Pesan senada disampaikan Ketua Yayasan Pendidikan Agung Podomoro, Let.Jen. TNI (Purn.) Sofian Effendi, mempertegas komitmen dari Podomoro University mewujudkan visi Trihatma Kusuma Haliman, pendiri Agung Podomoro Group, untuk mencetak lulusan berjiwa wirausaha, berkualitas internasional dengan tetap berbudaya Indonesia.

"Kami berdoa, dengan bekal Anda saat ini, Anda akan dimampukan menghadapi tantangan di masa depan dan Anda tidak berhenti untuk terus belajar. Sukses yang terutama adalah ketika kita mampu membuktikan diri dan mampu memberikan dampak bagi kehidupan ini," pesan Sofian Effendi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com