Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CHCD PPM Manajemen Rilis Hasil Penelitian 5 Karakter Gen Z di Dunia Kerja

Kompas.com - 04/11/2022, 18:58 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - PPM Manajemen kembali menggelar Human Capital National Conference (HCNC) secara hibrid pada 2-3 November 2022. Tahun ini, HCNC 2022 mengambil tema besar "Welcoming Generation Z: Shaping the Future of Workforce".

Plt. Direktur Eksekutif PPM Manajemen Aditayani Indra Kukila dalam sambutan menyampaikan, “HCNC menyajikan hasil penelitian yang dilakukan oleh Center of Human Capital Development (CHCD) PPM Manajemen berkaitan dengan isu-isu terkini."

"HCNC 2022 menyajikan hasil survei mengenai karakteristik Gen Z seraya mencoba menjawab dengan adanya karakter tersebut apa yang akan dilakukan organisasi dan apa yang harus dilakukan perusahaan agar menarik dan melibatkan para Gen Z di pekerjaan,” ujarnya. 

Aditayani menyampaikan, selain memaparkan hasil riset dari CHCD, setiap tahunnya gelaran HCNC juga mendatangkan narasumber-narasumber high profile untuk diajak berdialog dan berbagi pengalaman terkait isu yang diangkat yang kali ini membahas Gen Z.

"Jadi, harapannya dengan mengangkat tema tersebut para peserta mendapat tambahan pengetahuan mengenai karakteristik Gen Z untuk meningkatkan produktivitas dan mengembangkan kinerja karyawan Z serta memahami teknik jitu mengelola karyawan Z melalui best practice sharing dari para praktisi di Indonesia," tambah Aditayani.

Isu mengenai bagaimana mengelola Gen Z di dunia kerja masih hangat dibicarakan. Sehingga, perusahaan perlu mempertimbangkan strategi dalam mengelola talenta generasi Z agar permasalahan manajemen talenta dapat dimitigasi sedini mungkin.

PPM Manajemen sedang melakukan riset untuk mengetahui karakteristik dan preferensi pekerja Z di Indonesia. Melalui hasil penelitian ini diharapkan para praktisi di bidang HR bisa mendapatkan cara yang lebih tepat untuk mengelola karyawan Z agar menjadi produktif.

Baca juga: Kuliah-Kerja Fest 2022 Ajak Gen Z Rancang Masa Depan Bangsa

5 karakter Gen Z

Maharsi Anindyajati, Head of Researcher CHCD PPM Manajemen menjelaskan, pengumpulan responden dilakukan dalam dua metode melalui medos dan melalui gelaran Forum Grup Diskusi secara zoom.

Responden terdiri dari Pelajar, Mahasiswa dan mereka-mereka yang baru saja masuk dalam dunia pekerjaan, yang berasal dari beberapa kota. Dari survey yang dilakukan berhasil mengumpulkan responden mencapai 1.311 responden.

“Ini memang harapannya responden yang terkumpul bisa semakin kaya terutama perwakilan dari Indonesia timur, yang mana kemarin masih belum seperti yang kami harapkan untuk imbang dengan Indonesia Barat," ungkap Anindyajati.

"Dari hasil kemarin kita menemukan memang ada 5 karakter utama para genZ ini yang sebenarnya kalau organisasi ini bisa mencermatinya dengan baik, maka mereka bisa melakukan pengelolaan karyawan dengan lebih jitu strateginya sesuai dengan karakter mereka,” jelasnya.

Pertama, mereka kelompok yang Pencemas, Insecure. Mereka juga mengakui, mereka itu insecure yang juga dipengaruhi dari sosmed. Contohnya dari sosmed saat ini melihat temannya pamer ini, itu, membuat mereka insecure. Maka itu karakter yang pertama muncul itu adalah pencemas.

Kedua, mereka juga Adaptif. Bisa beradaptasi dengan berbagai macam situasi. Dengan teknologi mereka beradaftasi tidak sulit tentunya.

Ketiga, mereka Aspiratif. Dalam artian di sini, Mereka punya tinggi pinginnya itu tinggi nah menurut saya ini adalah sesuatu yang positif yang mana mereka generasi yang positif punya harapan dan cita-cita yang tinggi

Keempat mereka Perfeksionis karena jika melihat sosmed mereka menampilkan Sesuatu yang sempurna saja. Jadi tidak heran mereka sempurna keinginannya.

Kelima adalah percaya diri. Mereka adalah merasa confidence dengan kemampuan mereka. Ini bisa dipahami karena dari kecil mereka sudah biasa mendapat sanjungan oleh orangtua mereka.

Baca juga: 10 Pekerjaan Impian Gen Z serta Rekomendasi Jurusan dan Kampusnya

HCNS 2022 menghadirkan beberapa narasumber dari kalangan CEO perusahaan swasta dan BUMN, hingga dari kalangan pejabat pemerintahan:

  • Maharsi Anindyajati (Head of Researcher CHCD PPM Manajemen
  • Hanindia Narendrata (Co-Founder, CEO Telunjuk.com)
  • Andi Afdal (Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan)
  • Yanuar Kurniawan (SVP Organization & Talent Development Lazada Indonesia)
  • Suryo Sasono (Senior Vice President of Talent PT Bukalapak.com Tbk)
  • Ovita Susiana Rosya (Direktur SDM dan Teknologi Informasi PT TASPEN Persero)
  • Gandung Anggoro Murdani (Direktur SDM dan Umum Peruri)
  • Yunety Tarigan (Civil Servants Leadership Development Program Lead Tanoto Foundation)
  • Harman Subakat (Group Chief Executive Officer PT Paragon Universa Utama)
  • Joshua Putera Pribadi (Entrepreneur)
  • Dominika Dwi V (Research Lead and Project Manager Evoware)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com