Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paideia Hadirkan Aplikasi LMS Berbasis Kurikulum Karya Anak Bangsa

Kompas.com - 04/11/2022, 11:18 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Paideia Educational Solutions meluncurkan learning management system (LMS) berbasis kurikulum pertama di Indonesia bernama Guru Kreator Enterprise yang dibuat dan dikreasikan oleh anak bangsa.

LMS Guru Kreator Enterprise bertujuan untuk memberdayakan guru dan pemangku kepentingan sekolah dalam mendukung pembelajaran dan mengoptimalisasi seluruh sistem yang ada di sekolah, baik akademik maupun non akademik.

Itu sebabnya, LMS Guru Kreator Enterprise menyediakan beragam fitur yang mendukung ekosistem sekolah digital yang dapat digunakan murid, orangtua, guru, kepala sekolah, hingga pihak administrasi sekolah.

“Setiap guru dan pemangku kepentingan sekolah perlu mampu melihat gambaran besar agar dapat menghubungkan setiap titik dalam konteks kehidupan dari setiap pribadi di setiap lokasi," jelas Founding President Paideia Educational Solutions Connie Rasilim.

"Hal ini menjadi dasar dalam mempersiapkan Generasi Emas 2045 yang juga menjadi visi dari kehadiran Guru Kreator Enterprise," tegas Connie seperti dikutip dari rilis resmi (3/11/2022).

Connie menambahkan, "ini adalah perubahan paradigma dan tugas besar yang tidak dapat dikerjakan sendiri tanpa adanya kolaborasi."

"Guru Kreator Enterprise hadir sebagai wujud nyata kolaborasi tersebut bersama para pemangku kebijakan sekolah demi tercapainya profil pelajar Pancasila”, lanjutnya.

Selain Guru Kreator Enterprise, Paideia Educational Solutions juga meluncurkan produk Guru Kreator Basic dalam bentuk mobile apps dan sudah digunakan untuk membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis Kurikulum 13.

Saat ini, Connie mengungkapkan Guru Kreator Basic telah digunakan lebih dari 6.000 guru yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

"Aplikasi ini dapat digunakan oleh para pendidik yang berada di area 2G Digital Networks (wilayah 3T). Aplikasi Guru Kreator Basic dapat diunduh dan langsung digunakan secara gratis melalui Google Play Store," jelasnya.

Baca juga: Tak Hanya Infrastruktur, Penataan Kampung Inggris Juga Berfokus pada Kurikulum dan Peningkatan SDM

Ragam fitur dan kurikulum

Dalam kesempatan sama, Founding CEO Paideia Educational Solutions Yoshua Sirait menjelaskan, keunikan  LMS Guru Kreator Enterprise terletak pada pendekatan berbasis kurikulum.

Dengan LMS ini, jelas Yoshua, sekolah dengan latar belakang apapun dan konteks apapun dapat menggunakan beragam kurikulum, mulai dari Kurikulum Merdeka, K13, Cambridge, International Baccalaureate (IB), bahkan kurikulum yang dibangun dan dikostumisasi sendiri.

Aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur untuk seluruh operasional sekolah, mulai dari Kustomisasi Kurikulum, Rancangan Kegiatan Belajar-Mengajar, Buku Nilai, Ujian Online, Portofolio, Rapor Digital Otomatis, Sistem Evaluasi Guru dan Staf, Dashboard Analytics dan masih banyak lagi. 

“Saat itu, ketika saya menjadi guru dan selanjutnya menjadi kepala sekolah, saya memimpikan adanya sebuah platform digital pendidikan yang mampu mewadahi kebutuhan guru dan siswa dalam perencanaan dan praktik pembelajaran," ungkap Yoshua.

“Hadirnya Guru Kreator Enterprise adalah jawaban dari harapan tersebut," tambahnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com