Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Munas III APPSANTI: Akademisi Didorong Responsif Terhadap Perubahan

Kompas.com - 27/10/2022, 21:41 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis


KOMPAS.com - 
Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI) menyelenggaraan Musyawarah Nasional IIII di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Bali pada 27-28 Oktober 2022. Munas dihadiri oleh 23 perguruan tinggi se-Indonesia.

Ketua APPSANTI 2020-2022 Ubedilah Badrun dalam sambutannya mengemukakan, kalangan akademisi harus responsif dengan keadaan.

"Sebab keadaan saat ini penuh dengan ketidakpastian, akademisi mesti responsif menjawab tantangan zaman ini, termasuk dunia pendidikan" tegas Ubedilah Badrun.

Dalam kesempatan sama, Dekan Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Undiksha, Prof. Sukadi dalam sambutannya mengemukan bahwa zaman yang terus berubah ini memerlukan pandangan yang komprehensif dan multidisipliner.

"Problem Indonesia itu demikian rumit sehingga tidak cukup hanya diselesaikan oleh satu ilmu, misalnya pendekatan teknologi saja, tetapi memerlukan juga pandangan-pandangan ilmu sosial," ungkap Prof.Sukadi.

Pada Munas APPSANTI III ada tiga komisi dalam Munas tersebut. Komisi A membahas AD/ART, Komisi B membahas Program Umum Asosiasi, dan Komisi C membahas Rekomendasi Internal-Eksternal.

Baca juga: Prof. Muhammad Zid, Guru Besar Pertama Ilmu Sosiologi Pedesaan di UNJ

Seluruh hasil sidang Komisi akan diplenokan untuk mengambil keputusan.

"Hasilnya akan dipublikasikan pada Jumat (28/10/2022) sore," tegas panita pelaksana Munas III Irwan Nur yang juga dosen Program Studi Pendidikan Sosiologi Undiksha.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com