Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisuda Ke-17 PresUniv, Rektor Dorong Lulusan Hasilkan Karya Berdampak

Kompas.com - 25/10/2022, 16:37 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - President University (PresUniv) menggelar seremoni wisuda ke-17 di PresUniv Convention Center (PUCC), Jababeka Education Park, kawasan industri Jababeka, Cikarang.

Dalam kesempatan tersebut, PresUniv mewisuda 1.181 lulusan baru. Jumlah ini meningkat lebih kurang 40 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Jumlah lulusan peraih predikat summa cum laude, magna cum laude, dan cum laude juga meningkat. Untuk wisuda tahun 2022, ada 189 lulusan yang mendapat penghargaan, atau meningkat 37 persen dibandingkan dengan wisuda tahun 2021.

Tahun ini wisuda PresUniv mengangkat tema "Shaping International Leaders for Global Post-Pandemic Recovery".

“President University (Presuniv) mendidik mahasiswanya untuk menjadi manusia yang jujur,” ujar Rektor PresUniv Prof. Dr. Chairy dalam sambutan acara.

Selain itu, Prof. Chairy juga mendorong segenap lulusan Presuniv dapat menghasilkan karya berdampak bagi masyarakat.

“Bangsa Indonesia membutuhkan lebih banyak generasi muda yang memiliki integritas, semakin agile, dan mampu membuat perbedaan di masyarakat,” tegasnya.

Dalam pesannya kepada para lulusan, Prof. Chairy menyinggung soal pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir. Pandemi, lanjut Chairy, masih menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia dan dunia.

“Sebagai tantangan, pandemi Covid-19 ini ibarat pintu yang harus kita buka. Begitu pintunya terbuka, kita akan melihat berbagai kemungkinan yang justru dapat menjadi batu pijakan untuk kita bisa melompat lebih tinggi lagi,” paparnya.

Prof. Chairy juga menegaskan, “Tantangan harus membuat kita menjadi lebih gesit dalam bereaksi guna menghadapi situasi yang tidak menentu. Kita harus lebih fleksibel, responsif, dan semakin mudah beradaptasi.”

Presuniv, ungkapnya, sudah membekali semua siswa dan lulusannya dengan kemampuan tersebut.

Baca juga: Kembali Gelar Wisuda Luring Setelah 2 Tahun, Sampoerna University Cetak Wisudawan Berkualitas

Perjalanan baru ke masa depan

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Pendidikan Universitas Presiden (YPUP) Prof. Budi Susilo Soepandji mengapresiasi semua lulusan yang mampu menghadapi situasi yang tidak menentu sebagai akibat pandemi Covid-19.

“Itu semua menjadi perjalanan yang sangat menantang. Kami bangga menyaksikan para lulusan mampu beradaptasi, menjadi semakin tekun, lebih open minded, dan mampu mendorong diri sendiri untuk melakukan sesuatu hingga melampaui batas," ungkapnya.

"Semua itu dilakukan dalam periode yang extraordinary, yakni pandemi. Jadi, selamat untuk para lulusan,” tegas Prof. Budi.

Prof. Budi Susilo juga menambahkan, “Mungkin kalian semua, para lulusan, belum sepenuhnya menyadari bahwa selama hampir tiga tahun belakangan kalian sebetulnya sudah melampaui pengalaman yang sangat bersejarah dalam peradaban umat manusia. Dan, menurut saya, kalian sudah membuat sejarah sendiri.”

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com