Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedaireka Luncurkan Ekosistem CEO Mentorship dan RekaTalks

Kompas.com - 25/10/2022, 15:16 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi Kemendikbud Ristek melalui Kedaireka melakukan “Kick Off Program Ekosistem Kedaireka”. Program ini sebelumnya telah diluncurkan secara daring pada akhir September 2022.

Mengusung tema “Collaborate and Innovate for a Sustainable Future”, Ekosistem Kedaireka diawali dengan dua kegiatan yakni CEO Mentorship dan RekaTalks. Kegiatan diselenggarakan pada Jumat, 21 Oktober 2022 di Jakarta.

CEO Mentorship mengangkat tema utama “Ekosistem Kolaborasi untuk Inovasi”. Kegiatan ini berupa sharing session intensif oleh pejabat pemerintah dan petinggi DUDI untuk meningkatkan pertukaran insight dan pengembangan diri insan perguruan tinggi.

Pemateri yang hadir antara lain Mendikbud Ristek Nadiem Anwar Makarim, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid, Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dan CEO Inisiatif Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA) Tri Mumpuni.

Plt. Dirjen Dikti Riset Nizam yang membuka kegiatan CEO Mentorship menyampaikan, inisiasi Ekosistem Kedaireka berisikan program-program yang diharapkan mampu meningkatkan wawasan dan membuka peluang kolaborasi bagi insan perguruan tinggi dan mitra industri.

Perwakilan insan perguruan tinggi, mitra industri serta masyarakat umum yang hadir diharapkan dapat memahami urgensi menciptakan ekosistem kolaborasi dan pentingnya memprioritaskan inovasi di berbagai macam industri.

“Program CEO Mentorship, sebagai bagian dari Ekosistem Kedaireka bertujuan meningkatkan minat insan perguruan tinggi, umum dan industri dalam berkolaborasi serta berinovasi melalui cerita pengalaman para pemimpin dan ahli di bidangnya," ujar Prof. Nizam.

"Melalui program ini, insan perguruan tinggi dan industri diharapkan terinspirasi mengambil aksi nyata serta berani berinovasi untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada,” tambahnya.

Baca juga: Pemprov NTB Luncurkan Program Universitas Bakrie Matching Fund Kedaireka 2022

Kemudian RekaTalks mengangkat dua tema yakni “Digitalisasi ekonomi dan inovasi yang inklusif: Merangkai ulang environmental social governance (ESG) pasca pandemi” dan “Ekonomi Biru: Eksplorasi Kolaborasi Inovasi Untuk Meningkatkan Ekonomi Berkelanjutan”.

 

Kegiatan ini menghadirkan kisah-kisah inspiratif dari perguruan tinggi dan DUDI penerima manfaat program Matching Fund Kedaireka 2021-2022 yang terpilih.

Sesi pertama diisi pemateri Rektor IPB University Prof. Arif Satria, Anggota DPR RI Komisi X & Ketua Umum KADIN Lampung, Muhammad Kadafi, dan Pengusul Matching Fund 2022 dari Universitas Surabaya, Artiawati.

Selanjutnya sesi kedua diisi pemateri Co-Founder & CMO Octopus Indonesia Hamish Daud; Deputi Bidang SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata, dan Pengusul Matching Fund 2022 dari Universitas Mulawarman Esti Handayani Hardi.

Plt. Sekretaris Ditjen Dikti Tjitjik Sri Tjahjandarie yang membuka rangkaian kegiatan RekaTalks mengatakan, RekaTalks sebagai salah satu bagian dari Ekosistem Kedaireka diharapkan menjadi ajang promosi bagi inovasi-inovasi insan perguruan tinggi.

Tidak terbatas sampai disitu, program ini diharapkan mampu menginspirasi dan mengobarkan semangat insan perguruan tinggi dan mitra industri di seluruh Indonesia untuk berinovasi dan berkolaborasi demi kemajuan bangsa Indonesia.

“Acara ini diharapkan membangun kesadaran dan pengetahuan public mengenai keberadaan Kedaireka sebagai sebuah ekosistem kolaborasi dan inovasi antara perguruan tinggi dan industri," ungkapnya.

"Setelah awareness tersebut berhasil terbangun, diharapkan adanya peningkatan partisipasi public baik dari akademisi (perguruan tinggi) dan industri dalam kegiatan-kegiatan ekosistem Kedaireka,” jelas Tjitjik.

Baca juga: Ditjen Dikti Luncurkan 7 Program Ekosistem Kedaireka

Sebagai informasi, Ekosistem Kedaireka terdiri dari tujuh program meliputi Kedaireka Academy, RekaTalks, Match Making Innovation Forum, RekaPitch, CEO Mentorship, RekaPreneur dan RekaPods.

Selain CEO Mentorship dan RekaTalks yang telah dilaksanakan pada 21 Oktober 2022 di Jakarta, lima kegiatan lainnya akan dilaksanakan di beberapa kota besar di Indonesia pada periode Oktober 2022 hingga November 2022.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com