Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Anak Bisa Bahasa Inggris sejak Dini, Orangtua Coba Lakukan Ini

Kompas.com - 25/10/2022, 08:31 WIB
Andia Christy,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada era sekarang ini, kemampuan berbahasa Inggris sudah menjadi kebutuhan untuk bersosialisasi, penunjang pendidikan, hingga bersaing di dunia kerja.

Penguasaan bahasa Inggris menjadi hal yang penting, terutama bagi anak-anak untuk mempersiapkan masa depan mereka.

Sedari dini, orangtua bisa mengasah kemampuan bahasa Inggris anak secara verbal maupun visual, salah satunya dengan mengenalkan anak pada buku-buku berbahasa Inggris.

Hobi membaca buku sejak dini mampu melatih kemampuan literasi dan kognitif anak. Maka,
saatnya mengajar bahasa Inggris kepada anak dengan cara yang menyenangkan.

Baca juga: 12 Cara Cepat Mahir Bahasa Inggris yang Bisa Dicoba

Buku dirasa bermanfaat dalam memberikan wawasan baru di luar dari lingkungan sekitarnya. Atas dasar itu, membangkitkan kecintaan anak dalam membaca buku menjadi perlu.

Memperkenalkan anak untuk rajin membaca buku khususnya dalam bahasa Inggris akan melatih kemampuan daya berpikir anak sejak dini dan melatih kefasihan dalam berkomunikasi bahasa asing.

Marketing Communication and PR Manager The British Institute (TBI), Diah Pratiwi Soehendro dalam penjelasan tertulisnya mengatakan bahwa penguasaan bahasa Inggris saat ini mutlak harus dikuasai bukan hanya dari sisi anak melainkan juga orang tua.

“Kontribusi orang tua sangat diperlukan dalam proses pembelajaran anak agar sinergitas kemampuan anak dan orang tua dapat berjalan lebih efektif dan menyeluruh. Kesempatan ini pun bisa dipakai untuk lebih dekat dengan anak dan dapat berkomunikasi lebih jauh dengan mereka,” ucap Diah.

Baca juga: 5 Strategi Imbangi Kemampuan Bahasa Inggris Anak, Orangtua Lakukan Ini

Membantu orangtua mengatasi hal itu, English Day persembahan The British Institute (TBI) dengan Kompas.com akan hadir kembali bulan ini dengan mengangkat tema “Raising Your Children to be Readers: What Parents Can Do to Help Children to Become English Readers”.

English Day TBI x Kompas.com hadir sebagai sarana pengembangan keterampilan dan portal bertemunya lintas generasi yang dikemas dalam webinar interaktif.

Bergabung di komunitas English Day seperti ini tentu akan sangat membantu dalam menemukan sesama pembelajar bahasa Inggris yang mempunyai minat dan tujuan sama tanpa merasa tidak percaya diri.

Terutama dengan program yang disajikan dengan topik yang menarik setiap bulannya. Peserta dapat saling berinteraksi dan belajar bahasa Inggris bersama dengan lebih mudah dan menyenangkan.

“Kami sebagai komponen pengelola proses pembelajaran tidak lupa turut melibatkan orang tua dalam setiap journey agar anak terpantau dengan baik. Peran orangtua sangat dibutuhkan dalam proses pengembangan diri pada anak sejak dini,” tambah Diah.

Baca juga: Rumus 16 Tenses Bahasa Inggris dan Contoh Kalimatnya

TBI hadir di tengah masyarakat sebagai mitra pendamping dalam pembelajaran bahasa Inggris sejak dini.

Materi–materi belajar-mengajar TBI yang diberikan telah dirancang dan ditujukan untuk melengkapi proses belajar bagi para pelajar dan pengajar dari segala lapisan umur dan tingkat kemampuan.

Bagi orangtua yang ingin tahu lebih banyak bagaimana mengajarkan bahasa Inggris anak melalui budaya membaca, jangan lewatkan English Day TBI x Kompas.com bulan ini.

Kamu dapat langsung melakukan registrasi dengan klik http://bit.ly/KOMPASCOMTBIEnglishDay-Oktober

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program–program kursus bahasa Inggris bisa pula mengunjungi http://www.tbi.co.id/

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com