Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FIS UNJ dan RajaGrafindo Persada Gelar Workshop Penulisan dan Penerbitan Buku

Kompas.com - 24/10/2022, 17:54 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta (FIS UNJ) bekerja sama dengan Penerbit RajaGrafindo Persada menyelenggarakan workshop penulisan dan penerbitan buku yang merupakan bagian dari rangkaian acara The Eurasia International Course.

Lokakarya bertujuan memotivasi dosen dan mahasiswa untuk dapat mulai menulis buku dan juga menjelaskan proses penerbitan buku. Dalam pelaksanaan workshop ini FIS UNJ menjalin kerja sama dengan The Eurasia Foundation untuk program The Eurasia International Course.

Kegiatan berjalan secara luring di Kampus A UNJ, Jakarta dan diikuti dosen serta mahasiswa FIS UNJ. Workshop menghadirkan beberapa narasumber berpengalaman dalam penulisan dan penerbitan buku.

Narasumber pertama Prof. Muhammad Zid yang merupakan Guru Besar FIS UNJ, mengangkat topik "Kiat Penulisan Terbitan Ilmiah menjadi Buku Ajar bagi Mahasiswa-Dosen".

Melalui pemaparan luringnya, Prof. Zid menyampaikan kiat-kiat dan trik bagaimana mengubah disertasi menjadi sebuah buku yang bisa diterbitkan berdasarkan pengalaman dirinya. Buku dapat menjadi sarana untuk manyampaikan gagasan dan pemikiran pada masyarakat luas.

Prof. Zid pun merasa bahwa Fakultas Ilmu Sosial sudah banyak memberikan sarana dan prasarana untuk dosen untuk menerbitkan buku khususnya buku bahan ajar.

Setelah pemaparan dari Prof. Zid, acara workshop dilanjutkan dengan pemberian materi dari narasumber kedua Dosen Prodi Ilmu Komunikasi FIS UNJ, yaitu, Kinkin Yuliaty. Melalui pemaparan luringnya, Kinkin menyampaikan bahwa berkarya apa adanya itu lebih baik dari pada tidak sama sekali.

Salah satu karya bagi seorang dosen adalah buku bacaan yang dapat memberikan ilmu bagi masyarakat luas.

Dalam pemaparannya, Kinkin memberikan beberapa motivasi partisipan untuk mulai menulis buku dan juga strategi membuat buku yang dimulai dari melihat dan menganalisis permasalahan di masyarakat yang bisa menjadi gagasan hingga proses terakhir pembuatan naskah untuk diserahkan ke penerbit.

Baca juga: Teknologi Berkembang, Pembaca Buku Kini Beralih ke Digital

Tidak hanya dari perspektif penulisan, workshop ini pun juga mengundang pembicara yang merupakan Senior Editor dari Penerbit RajaGrafindo Persada, Yayat Sri Hayati untuk mendapatkan sudut pandang berbeda.

Dalam paparannya, Yayat menyampaikan proses dan juga standar penerbitan bagi seorang penulis yang ingin menerbitkan karya. Y

ayat juga memberikan tips bagaimana cara menghindari plagiarisme pada penulisan buku yaitu dengan mencantumkan sitasi dan juga menggunakan parafase.

Rakhmat Hidayat, Koordinator Pelaksana kegiatan menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah mendukung terselenggaranya acara seperti The Eurasia Foundation (from Asia) dan Penerbit RajaGrafindo Persada.

Rakhmat juga berharap acara ini dapat memberikan manfaat dan motivasi bagi para dosen dan juga mahasiswa untuk terus dapat berkarya.

Sementara itu Prof. Sarkadi selaku Dekan FIS UNJ dalam sambutannya mengatakan, workshop ini sejalan dengan tujuan fakultas untuk dapat terus berkontribusi dalam mencerdaskan masyarakat.

"Salah satunya dapat terlaksana dengan penerbitan buku-buku bacaan. Dengan berkarya, tentunya dosen juga dapat meningkatkan kualitas akademik FIS UNJ," tutup Prof. Sarkadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com