Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Menu Sarapan Sehat untuk Anak agar Lebih Berenergi di Sekolah

Kompas.com - 24/10/2022, 07:18 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sarapan sebelum berangkat sekolah penting dilakukan para siswa. Namun karena kesibukan orangtua, kadang tidak sempat membuatkan sarapan bagi anaknya.

Ada beberapa menu sarapan praktis yang bisa dibuatkan orangtua untuk anaknya sebelum beraktivitas di sekolah.

Beberapa menu makanan ini bahkan bisa meningkatkan energi anak di sekolah. Mengapa sarapan penting bagi siswa sebelum berangkat sekolah?

Siswa harus fokus dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah. Agar fokus tentunya tubuh memerlukan energi yang diperoleh dari asupan makanan.

Baca juga: 5 Kampus Top Eropa dengan Syarat Skor IELTS 6

Melansir dari laman sekolah BPK Penabur, Senin (24/10/2022) berikut menu sarapan sehat yang enak dan bisa meningkatkan energi anak saat berada di sekolah

1. Pancake dengan bentuk unik

Pancake merupakan makanan rendah gula yang proses pembuatannya tidak terlalu rumit. Pancake dapat disajikan dengan aneka buah-buahan untuk menambah rasa manis dan segar.

Komponen sehat ini biasanya diperoleh dari buah stroberi, pisang, dan masih banyak lagi. Anak-anak umumnya suka dengan buah-buahan terlebih jika ditambahkan dengan sesendok yogurt sehat.

Untuk meningkatkan nafsu makannya, anda bisa membentuk pancake dengan bentuk wajah, atau karakter kartun kesukaan si kecil.

2. Omelet

Telur memiliki banyak kandungan bermanfaat bagi tubuh. Telur bisa diolah menjadi berbagai makanan, salah satunya omelet.

Omelet bisa dijadikan sarapan sehat dan menambah energi anak saat berada di sekolah. Saat membuat omelet, orangtua juga bisa menambahkan sayuran di dalamnya.

Baca juga: Samator Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan S1 Fresh Graduate

3. Oat dengan campuran buah cincang

Oatmeal merupakan sereal gandum yang mengandung banyak protein dan gizi. Satu porsi oatmeal juga bisa dijadikan sebagai menu sarapan favorit anak. Terutama jika anda kreasikan dengan berbagai campuran buah cincang dan madu atau kacang-kacangan.

Sarapan dengan menu oatmeal relatif mudah disajikan sehingga anda tak perlu khawatir tersita waktu saat menyiapkan hidangan sarapan.

4. Sandwich panggang

Sarapan sehat lainnya yang bisa dibuatkan orangtua untuk anaknya adalah sandwich panggang.

Baca juga: Data Analysts Profesi Paling Dicari di 2025, Ini Rekomendasi Jurusan dan Kampus Terbaiknya

Agar tetap memenuhi kebutuhan gizinya, bisa menggunakan bahan roti yang berasal dari gandum. Jangan lupa tambahkan bahan-bahan sehat lainnya seperti sayur, telur, atau daging sebagai isian sandwich.

5.Telur dengan roti panggang

Selain dibuat omelet, telur juga bisa diolah dan disajikan dengan bahan makanan lainnya.

Seperti telur yang disajikan dengan roti panggang. Orangtua bisa berkreasi dengan membuat sandwich telur panggang dengan bentuk menarik agar anak lebih semangat saat bersarapan.

Itulah beberapa menu sarapan sehat yang bisa dibuat orangtua sebelumnya anaknya berangkat sekolah.

Baca juga: Yuk Intip 10 Jurusan SMK yang Menjanjikan Di Masa Depan

Proses membuat saarapan yang sederhana dan tidak rumit membuat 5 menu sarapan ini menjadi alternatif sarapan untuk anak sebelum berangkat sekolah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com