Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Minta USU Cetak Mahasiswa dengan SDM yang Unggul

Kompas.com - 21/10/2022, 15:35 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Sumatera Utara (USU) merayakan puncak dies natalis dengan menggelar Sidang Terbuka Dies Natalis ke-70 USU.

Mengambil tema "Towards Enterpreneurial University", sidang terbuka dilaksanakan secara luring di Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU) dan disiarkan secara daring melalui kanal Youtube USU Official pada Kamis, (20/10/2022).

Baca juga: Ini Beda Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Komputer

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, Dies Natalis ke-70 USU diharapkan menjadi sebuah momentum untuk bertransformasi menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berstandar internasional.

Jokowi turut mengapresiasi kontribusi USU dalam kemajuan SDM bangsa yang dapat mendidik mahasiswa menjadi pribadi yang berintegritas dan berjiwa entrepreneurship, serta melahirkan alumni yang berkarya di berbagai bidang dan membantu mengatasi persoalan bangsa.

"Saya mengajak civitas akademika USU untuk terus melanjutkan inovasi meningkatkan prestasi dan menjadikan USU yang terdepan dalam memberikan sumbangsih untuk kemajuan Indonesia," kata dia dalam keterangannya lewat laman USU.

Tema "Towards Enteprenurial University" dengan tagline kreasi, inovasi, dan prestasi yang diusung pada perayaan dies ke-70 USU sejalan dengan Program Prioritas Rektor USU 2021-2026 dan Rencana Strategis usu 2020-2024.

Kemudian tema itu juga sebagai gambaran semangat kewirausahaan yang dimiliki Civitas Akademika USU dalam meningkatkan kreasi, inovasi, dan prestasi membangun bangsa prioritas pascapandemi.

Rektor USU, Dr. Muryanto Amin menjelaskan, bahwa peringatan Dies Natalis USU ke-70 memperkuat semangat enterprenurial agar Indonesia dapat bertahan dan memperkuat pondasi ekonomi bangsa ketika menghadapi potensi resesi tahun 2023.

Semangat tersebut diwujudkan dengan merancang program pendidikan inklusif.

"Pendidikan inklusif menjadi kebijakan pengembangan wajib maupun pengembangan kompetitif yang diselenggarakan secara complementary di seluruh satuan kerja di lingkungan USU," ucap Muryanto Amin.

Baca juga: 4 Bahaya Pornografi pada Anak, Paling Terparah Gangguan Mental

Program Prioritas Rektor USU 2021-2026 dan Rencana Strategis USU 2020-2024 yang memfokuskan pengembangan USU sebagai universitas yang menggabungkan program pembelajaran inovatif, hilirisasi penelitian, dan produk inovasi yang digunakan oleh masyarakat, pemerintah dan industri.

"Peringatan Dies USU ke-70 ini memperkuat semangat entrepreneurial, agar menghadapi potensi resesi tahun 2023. Indonesia dapat bertahan dan memperkuat pondasi ekonomi bangsa melalui pengembangan teknologi dan inovasi industri nasional agar mengurangi ketergantungan Indonesia pada produk impor," jelasnya.

Dia menjelaskan, saat ini di level nasional USU sudah berada di peringkat 12 universitas terbaik.

Sedangkan di QA World University Ranking (WUR) 2021 kampus ini masuk ke peringkat 1.201+.

Raihan itu merupakan pertama kalinya USU masuk ke dalam ranking bergengsi tersebut.

"Targetnya tahun 2039 USU menjadi perguruan tinggi yang memiliki keunggulan akademik sebagai barometer kemajuan ilmu pengetahuan yang mampu bersaing dalam tataran dunia global," ucap dia.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Berpeluang Besar Jadi PNS

Rektor Muryanto mengatakan, salah satu cara mewujudkan hal tersebut adalah melalui transformasi pendidikan, mengubah program pembelajaran menjadi inovatif, hilirisasi penelitian dan produk inovasi ke masyarakat, pemerintah dan industri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com