Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Tuan Rumah Lomba PSMN 2022, Untar: Ini Bukan Sekadar Kompetisi

Kompas.com - 20/10/2022, 07:00 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Universitas Tarumanagara (Untar) menjadi tuan rumah Lomba Paduan Suara Mahasiswa Nasional (PSMN) 2022 yang diikuti tim paduan suara dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia dan sudah berlangsung sejak bulan Agustus 2022.

PSMN 2022 menjadi agenda program kegiatan kemahasiswaan tingkat nasional dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbud Ristek.

Plt. Kepala Puspresnas Asep Sukmayadi menegaskan, kegiatan ini bukan sekadar berkompetisi tapi mengemban amanah untuk memperkuat tumbuh kembangnya karakter Pelajar Pancasila.

"Sekaligus penanda bahwa orangtua, pendidik, dan perguruan tinggi harus memperhatikan secara seksama talenta-talenta terbaik di semua lini kecerdasan yang dimiliki anak-anak kita," ungkap Asep.

Di bagian lain, Asep mempertegas komitmen Puspresnas untuk memperkuat dan menciptakan ruang-ruang belajar merdeka yang dapat mempertalikan antara ciptaan (kreativitas) dan pengalaman.

"Untar sebagai perguruan tinggi tampaknya sudah bisa mempertalikan antara ciptaan dan pengalaman," ungkapannya.

Dalam kesempatan sama, Rektor Untar Prof. Agustinus Purna Irawan menyampaikan, kebersediaan Untar dalam memfasilitasi berbagai kegiatan baik yang bertaraf nasional maupun internasional adalah sebagai bentuk kontribusi bagi Indonesia.

"Untar yang memasuki usia 63 tahun ingin lebih berperan dalam berbagai aktivitas pendidikan di tanah air," tegas Rektor Untar saat membuka PSMN 2022 yang mengangkat tema “Harmoni untuk Negeri”.

"Selepas kegiatan ini, Untar terbuka bermitra dengan berbagai perguruan tinggi dalam berbagai bidang", tambahnya.

Baca juga: Di Kompetisi Jembatan Indonesia 2022, Target ITS Pertahankan Gelar Juara Umum

"Diharapkan mahasiswa yang ikut serta bukan sekadar berkompetisi namun yang tak kalah penting adalah melalui kegiatan ini dapat memberi pengalaman dan membangun networking di antara kalian yang akan berguna di kemudian hari," pesan Rektor Untar.

Babak penyisihan PSMN 2022 diikuti 112 peserta hingga menjadi 21 peserta yang maju sebagai finalis. Babak final diselenggarakan pada 17-18 Oktober di gedung Graha Swara Concert Hall kampus Untar dengan juri diantaranya musisi Purwacaraka dan Penyanyi Soprano Binu D. Sukaman.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com