Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Profesi Insinyur Sipil dan Kisaran Gajinya

Kompas.com - 18/10/2022, 10:00 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mahasiswa lulusan vokasi didorong agar bisa segera diserap dunia kerja. Ada banyak jurusan dari pendidikan vokasi yang bisa dipilih calon mahasiswa.

Di pendidikan vokasi, ada beberapa jurusan di bidang konstruksi.

Seperti di jenjang SMK, ada jurusan Teknik Bangunan, Teknik Konstruksi Bangunan dan jurusan Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti.

Setelah menyelesaikan studi di jenjang SMK, kamu bisa melanjutkan pendidikan di S1 dengan jurusan yang linier.

Seperti jurusan Teknik Sipil, Teknik Sipil dan Perencanaan dan jurusan Teknik Arsitektur.

Baca juga: Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika dan Kisaran Gajinya

Melansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Selasa (18/10/2022), tenaga ahli di bidang bangunan akan selalu dibutuhkan, salah satunya profesi insinyur sipil.

Untuk menjadi insinyur sipil memang tidaklah mudah. Perlu logika dan penalaran untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan dari solusi alternatif, kesimpulan, maupun pendekatan permasalahan yang ditangani karena pembangunan infrastruktur yang akan dipakai masyarakat umum.

Insinyur sipil adalah ahli di bidang teknik sipil yang memiliki kompetensi dalam merancang dan melakukan supervisi pembangunan infrastruktur.

Seperti jalanan, bangunan, terowongan, bandara, bendungan, jembatan, penyimpanan air dan sistem pembuangan kotoran.

Insinyur sipil sering bekerja bersama sebagai tim kemudian menggunakan teori dan model bangunan untuk memprediksi kinerja suatu desain (bangunan). Suatu desain akan diuji dalam skala kecil sebelum mulai membangun.

Baca juga: 15 Jurusan Kuliah Cocok bagi Anak SMK dan Prospek Kerjanya

Dalam mengambil keputusan, insinyur harus mempertimbangkan fungsi bangunan, manfaat bagi masyarakat, keselamatan pekerja dan anggarannya.

Profesi insinyur sipil ini menawarkan gaji yang cukup tinggi.

Mereka yang bekerja sebagai insinyur sipil pada saat masih junior level saja bisa memiliki gaji sekitar Rp 4 juta hingga Rp 7 juta per bulan.

Dari sejumlah jurusan bidang konstruksi, untuk lulusan Teknik Sipil saja memiliki prospek kerja yang luas.

Lulusan teknik sipil bisa bekerja menjadi teknisi sipil, insinyur sumber daya perairan, konsultan konstruksi, pegawai pemerintah dan BUMN, insinyur pemeliharaan bangunan, analis kontrol kualitas surveyor kontrol bangunan dan manajer konstruksi.

Baca juga: 25 Prospek Kerja Terbaik Jurusan Teknik Sipil dan Kisaran Gajinya

Demikian profesi insinyur sipil dan jurusan kuliah yang bisa dipilih hingga kisaran gajinya. Memilih jurusan di bidang konstruksi dan menjadi seorang insinyur sipil bisa menjadi cita-cita para calon mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com