Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Perpusnas Siap Dukung IKAL 22 Dorong Gerakan Literasi Baca

Kompas.com - 16/10/2022, 20:22 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - PPSA 22 Lemhannas RI tahun 2019 telah menyelesaikan pendidikan di Lemhannas RI, mengadakan reuni pertama kali di Ruang Serbaguna Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Jakarta, pada Sabtu (15/10/2022).

Perlu diketahui, peserta PPSA 22 Lemhannas RI tahun 2019 ini berjumlah 80 orang yang berasal dari berbagai profesi. Seperti perwira tinggi dari TNI AD  sebanyak 16 orang, TNI AL sebanyak 8 orang, TNI AU sebanyak 6 orang, dan Polri sebanyak 15 orang.

Baca juga: Dua Mahasiswa Unair Jadi Pembicara di FBI karena Bongkar Kasus Ini

Lalu, dari kementerian berjumlah 19 orang, Kopertis 5 orang, Kadin Indonesia 3 orang, organisasi masyarakat 5 orang, dan tokoh masyarakat 3 orang.

Di Lemhannas peserta didik belajar antara lain beberapa kajian terkait pemantapan pemahaman Empat Konsensus Dasar Bangsa, yaitu Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika, serta Paradigma Nasional Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional.

Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando yang juga alumni PPSA 22 membuka Perpusnas sebagai tempat ajang reuni dan menyambut baik dukungan IKAL 22 terkait program akselerasi literasi sejalan dengan program Perpusnas.

"Saat ini Perpusnas tengah mendorong gerakan literasi untuk memperbaiki kesejahteraan rakyat. Perpustakaan Nasional RI sejak tahun 2018 lalu, menyelenggarakan kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial," ungkap dia dalam keterangannya, Minggu (16/10/2022).

Kegiatan ini merupakan bagian dari program prioritas nasional 2020 – 2024.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Bahaya Gas Air Mata Bisa Erosi Kornea hingga Buta

"Dengan tujuan untuk memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang unggul melalui peningkatan kemampuan literasi untuk mewujudkan Indonesia Maju," jelas Muhammad Syarif Bando.

Ketua Panitia Reuni PPSA 22 tahun 2019, Brigjen TNI Wirana Prasetya Budi menyatakan, alumni PPSA 2022 tahun 20109 belajar selama 5,5 bulan dari Maret sampai September 2019 di Lemhanas.

Semua alumni yang bergabung mulai dari TNI, Polri, ASN, akademisi , dunia usaha, pemuka agama hingga tokoh masyarakat.

"Dari masing-masing peserta diharapkan dalam pekerjaan dan pengabdiannya tumbuh sinergi di antara para peserta didik bagi negeri mewujudkan ketahanan nasional," ucap dia.

Setelah menempuh pendidikan selama 5,5 bulan, lalu 3 tahun kemudian berjumpa kembali dalam acara reuni di Perpusnas.

COO PT Infinitie Berkah Energi yang juga alumni PPSA 2022, Rinawati Prihatiningsih dikirim dari Kadin Indonesia untuk mewakili dunia usaha mengikuti PPSA 22 tahun 2019.

Baca juga: 3 Perguruan Tinggi Swasta Terbaik di Indonesia Versi THE WUR 2023

Dia menyatakan, pada reuni kali ini mengangkat tema 'Siap Energi bagi Negeri' dengan fokus kolaborasi mendukung literasi.

Berdasarkan survei yang dilakukan Program for International Student Assessment (PISA) yang dirilis Organization for Economic Co-operation and Development (OECD), tingkat literasi Indonesia perlu terus ditingkatkan, karena saat ini berdasarkan nilai Kompetensi Membaca, Indonesia berada dalam peringkat 72 dari 77 negara.

"Karena itu kami tergugah untuk mendorong Kompetensi Membaca melalui dukungan donasi buku dari para alumni," jelas dia.

Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) 22, Mayor Jendral TNI (Mar) Nur Alamsyah menambahkan, lewat gerakan donasi buku diharapkan dapat mendorong dan membangun budaya gemar membaca.

Dengan begitu bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Baca juga: Tempat Pendidikan Jokowi, dari SD hingga Masuk Fakultas Kehutanan UGM

"Kegiatan ini perlu dukungan seluruh elemen bangsa. Karenanya, dalam rangkaian reuni ini, IKAL 22 mengajak seluruh elemen alumni Lemhannas PPSA 22 untuk donasi buku ditujukan bagi masyarakat khususnya di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) untuk memperoleh informasi dan pengetahuan yang berkualitas," tukas pria yang saat ini menjabat Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) KSAL.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com