Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Workshop Farmasi UGM: Pemimpin Harus Jujur, Berani, dan Sopan

Kompas.com - 15/10/2022, 12:59 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) menggelar Workshop Pengembangan Leadership Sumber Daya Manusia secara luring, Selasa (11/10/2022).

Adapun workshop tersebut mengambil tema "Disciplinary in Spiritual & Professional Leadership Development".

Untuk pesertanya ialah semua dosen dan tenaga kependidikan Fakultas Farmasi UGM. Tujuannya agar peserta memiliki gambaran pentingnya kedisiplinan.

Menurut Dekan Fakultas Farmasi UGM, Prof. Dr. apt. Satibi, M.Si., leadership tidak hanya dimiliki oleh pimpinan, tetapi harapannya semua sivitas akademika dan juga tenaga kependidikan memiliki leadership yang baik.

Baca juga: Re-akreditasi RS Pendidikan, RSA UGM Lulus

Sehingga, peran organisasi dapat berjalan dengan baik dalam hal ini untuk mencapai tujuan bersama menjadi world class university dan beberapa tujuan rencana strategis yang sudah ditetapkan lainnya.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), disiplin mempunyai arti ketaatan dan kepatuhan pada aturan, tata tertib, dan lain sebagainya.

Dalam perkembangan selanjutnya, kata ini juga mengalami perubahan bentuk dan perluasan arti.

Adanya ketertiban dan kelancaran dalam suatu perusahaan untuk memperoleh hasil yang optimal, yakni dengan meningkatkan kedisiplinan kerja.

Kedisiplinan kerja bagi karyawan akan memberikan dampak suasana kerja yang menyenangkan. Hal ini tentu menjadi lebih semangat dalam menyelesaikan pekerjaannya dengan baik.

Baca juga: Ini Isi Pernyataan Resmi Rektor UGM Terkait Keaslian Ijazah Presiden Jokowi

Pada workshop tersebut menghadirkan narasumber Riza Perdana Kusuma, SE., MM. Ia menyampaikan paparan materi mengenai gambaran pentingnya kedisiplinan dalam kemajuan sebuah organisasi.

Riza juga menyampaikan bahwa seorang pemimpin harus memiliki basic requirement of leader yaitu:

1. jujur

2. komunikatif

3. berani

4. sopan

"Sadari bahwa apa yang kita terima setiap bulan ada harganya, ada konsekuensi dan tanggung jawab yang harus kita laksanakan," ujarnya, dikutip dari laman Fakultas Farmasi UGM.

Baca juga: Ahli Gizi UGM: Ini 5 Kunci Diet Sehat

"Ukurlah diri kita dengan aturan yang kita buat, sejauh mana kontribusi yang telah kita berikan," imbuhnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com